Din Syamsuddin Sarankan Pelapor Sukmawati Cabut Laporannya

402
Din Syamsuddin
Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengimbau kepada pelapor Sukmawati Soekarnoputri terkait puisinya untuk mencabut laporannya di kepolisian.

“Eloknya untuk ditarik gitu, walaupun memaafkan proses hukumnya jalan terus itu namanya enggak memaafkan. Kalau sungguh-sungguh, tanya saja lagi sama beliau (Sukmawati), tulus minta maaf,” tutur Din di komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Din berpendapat bahwa Sukmawati sudah menyampaikan permohonan maafnya ke publik, dan dirinya pun terdapat kesan akan memperdalam kembali agama Islam. Bahkan dirinya mengaku bangga dengan keislaman.

“Ini ada seorang muslim, minta maaf, mau belajar Islam, ajaran Islam harus diberi maaf, maka enggak ada salahnya ditarik (laporannya),” tutur Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) tersebut.

Ia mengaku Din menjelaskan, dirinya sudah bertemu dengan Sukmawati dan mendengarkan kembali puisi berjudul Ibu Indonesia yang dibacakan dalam sebuah acara Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu.

“Tanggapan saya waktu itu, pertama sebagai karya sastra memang bersifat nisbi, karena itu hasil ciptra, karya, rasa manusia yang sering abstrak, makanya sangat mungkin diterima beragam, ada yang setuju, senang, tidak senang, bahkan ada yang tersinggung,” papar Din.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Mauhammadiyah itu mengakui, ada beberapa yang sangat potensial untuk menimbulkan ketersinggungan, terutama terkait kidung lebih merdu dari azan‎.

“Beliau agak tersentak, agak kaget karena pengakuannya bahwa ibu Sukmawati tidak berniat sama sekali untuk melecehkan, menghina umat Islam dan Islam sebagai agama yang merupakan agamanya sendiri,” ujar Din. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here