Dilanda Kelaparan Hebat, Bocah 7 Tahun di Yaman Hanya Berbobot 7 Kg

153

Sanaa, Muslim Obsession – Yaman masuk salah satu negara di Timur Tengah yang mengalami krisis hebat akibat konflik peperangan yang merongrong negerinya. Akibatnya banyak rakyat yang hidup menderita.

Tak terkecuali para bayi dan anak-anak di sana. Seperti halnya yang dialami bocah di Yaman bernama Faid Samim (7). Bocah malang itu hanya bisa terkulai lemas di atas ranjang rumah sakit.

Faid saat ini telah dirujuk ke rumah sakit di Ibu Kota Yaman, Sanaa. Dia dibawa ke rumah sakit usai diketahui menderita gizi buruk.

“Dia hampir pergi ketika dia tiba tapi alhamdulillah kami bisa melakukan apa yang diperlukan dan dia mulai meningkat. Dia menderita CP (cerebral palsy) dan malnutrisi parah, “kata Rageh Mohammed, dokter pengawas bangsal malnutrisi rumah sakit Al-Sabeen seperti dilansir Reuters, Selasa (5/1/2021).

Saat dibawa ke rumah sakit, Faid hanya memiliki berat badan 7 kilogram. Selama ini, keluarga Faid hidup dalam kemiskinan.

Orang tuanya hanya bergantung pada sumbangan untuk merawat Faid. Mohammed mengatakan kasus malnutrisi di negaranya saat ini sedang meningkat.

Kelaparan di Yaman tidak lain akibat dari dampak perang yang ada di negara tersebut sejak enam tahun lalu. Diperkirakan, 80 persen warga Yaman mengandalkan bantuan internasional untuk bertahan hidup.

WHO Kini Tak Sarankan Lockdown
Pada 2018, PBB telah meminta sejumlah negara untuk memberikan bantuan. Namun, wabah COVID-19 yang terjadi menghambat penyaluran bantuan. Hal itu memperburuk kelaparan yang ada di Yaman.

Perang di Yaman mulai terjadi pada 2015 silam. Arab Saudi diketahui memerangi gerakan Houthi yang berpihak pada Iran.

Gerakan Houthi menguasai wilayah Sanaa dan sebagian pusat ibu kota. Lebih dari 100 ribu orang diduga tewas dalam perang tersebut. (Albar)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here