Dikabarkan Santrinya Positif Corona, Ponpes Gontor Diminta Tetap Waspada

144

Ponorogo, Muslim Obsession – Salah satu santri Pondok Pesantren Gontor 2, di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dikabarkan positif Covid-19. Semua akses keluar masuk Gontor ditutup sementara waktu guna menghindari terjadi penambahan kasus.

Kasus santri positif Covid-19 di Pondok Gontor bermula ketika santri berusia 17 tahun asal Sidoarjo datang ke pondok, Rabu (17/6/2020). Namun, saat kembali ke pondok, santri itu tidak membawa surat keterangan pemeriksaan Covid-19 dari daerah asalnya.

Padahal diketahui orang tua santri tersebut sebelumnya dinyatakan positif corona. Santri pun berangkat ke pondok tanpa surat sehat. Ia beraktivitas dengan teman-temanya seperti biasa karena merasa tidak ada gejala sakit.

Dinkes Jatim yang mengetahui hal tersebut langsung melakukan menelusuran, dengan melakukan test PCR terhadap santri tersebut dan hasilnya positif. Sejumlah orang yang berkontak erat dengan santri itu juga diisolasi dari warga pondok yang lain.

Adapun santri positif sudah dibawa ke rumah sakit untuk diisolasi. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, meminta agar akses pondok Gontor untuk sementara ditutup untuk umum.

“Untuk sementara warga ponpes yang ada di dalam tidak diperkenankan untuk keluar pondok. Begitu juga tidak diperkenankan menerima tamu atau kunjungan untuk keperluan apapun,” kata Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Selasa (7/7/2020).

Ipong juga meminta kepada seluruh santri pondok pesantren berhati-hati. Pasalnya, banyak santri berasal dari luar kota. Lebih-lebih, jika tidak diketahui bagaimana aktivitas serta riwayat kesehatan keluarga santri.

“Mari kita belajar dari kasus yang sudah terjadi, kalster Temboro misalnya,” tambahnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here