Didukung Ibunya, Bocah 12 Tahun dari Amerika Serikat Hafal 30 Juz Al-Quran

60
Mohsin Siddiqui dan ibunya Rukshana Patel, di mushalla Pusat Komunitas Muslim Charlotte. (Foto: about islam)

Muslim Obsession – Seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun dari Charlotte, Carolina Utara, Amerika Serikat telah menyelesaikan hafalan seluruh Al-Quran.

Mohsin Siddiqui, demikian nama bocah itu, menjadi orang kedua di kota yang membuat pencapaian ini.

“Ketika saya masih kecil sekitar usia 5 tahun, saya mulai menghafalkan Al-Quran dengan seorang guru perempuan. Setelah berhasil menghafal Juz 1, saat itulah saya menyadari bahwa saya memiliki bakat,” kata Mohsin Siddiqui, mengutip About Islam, Selasa (6/7/2021).

“Kemudian orangtua saya bertanya, apakah saya ingin melanjutkan ini dan bekerja penuh waktu? Saya pikir ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, jadi saya menjawab ya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Inspiratif! Tengku Abdul Rani, Montir Sepeda yang Cetak 5.200 Hafizh Al-Quran

Baru-baru ini Mohsin menyelesaikan hafalan 6.200 ayat dan 77.000 kata dalam Al-Quran. Proses hifz atau hafalan memakan waktu empat tahun. Menurutnya, sang ibu bernama Rukshana Patel merupakan sosok utama yang mendorong dirinya sukses menghafalkan Al-Quran.

“Ibu biasa duduk dengan saya selama berjam-jam dan dia biasa mendengarkan bacaan saya. Beliau selalu punya waktu untuk saya kapan pun saya membutuhkannya,” katanya.

Imam Atif Chaudhry yang memimpin program hifzhul Quran di Islamic Society of Greater Charlotte, tempat Mohsin belajar, mengatakan bahwa menghafalkan Al-Quran sangatlah penting bagi setiap Muslim.

BACA JUGA: Hafshah Binti Sirin, Anak Budak yang Hafal Quran di Usia 12 Tahun

“Dalam hal menghafal, memahami, dan dalam menyebarkan pesan-pesan Al-Quran. Karena ini adalah kitab suci inti kami, inti dari agama kami, ini adalah salah satu sumber nilai moral dan etika agama spiritual kami. Hubungan kita dengannya akan menjadi kekuatan komunitas kita,” kata Imam Atif yang telah melayani 25.000 penduduk Muslim untuk memimpin sebuah program dimana anak-anak Muslim dari usia 7 tahun memulai belajar menghafal Al-Quran.

Senada dengannya, Dania Akkad Hajjar, koordinator program hifzhul Quran di Intellicor International Academy, sebuah sekolah Muslim di Charlotte, berpendapat bahwa menghafal Al-Quran bisa jadi sulit, tetapi itu bermanfaat.

“Pertama-tama, ini sangat bermanfaat bagi saya dan siswa itu sendiri. Kami tahu bahwa dalam agama kami, kami mendapat banyak pahala hanya dari membaca Al-Quran,” ungkap Hajjar.

“Nabi kita mengatakan bahwa setiap huruf yang Anda hafal atau baca dari Al-Quran, Anda akan mendapatkan 10 kebaikan, dan itu menghapus 10 keburukan,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here