Didirikan Wanita Muslim, Ini Universitas Tertua di Dunia!

557
Universitas Al-Qarawiyyin

Jakarta, Muslim Obsession – Begitu banyak orang berpikir bahwa Oxford, Cambridge, atau Harvard adalah universitas tertua di dunia. Namun dalam kenyataannya, universitas tertua yang hingga kini masih beroperasi ada di Fez, Maroko.

Adalah Universitas Al-Qarawiyyin yang dibangun oleh seorang wanita Muslim Fatima Al-Fihri pada tahun 859. Fatima, lahir pada tahun 800 M di Kairouan, Tunisia, adalah anak seorang saudagar kaya, Muhammad Al-Fihri.

Universitas ini telah dan terus menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim. Al-Qarawiyyin memainkan peran utama dalam hubungan budaya dan akademis antara dunia Islam dan Eropa pada abad pertengahan.

Baca Juga:

Pendiri Universitas Pertama, Fatimah Al-Fihri

Kartografer Mohammed Al-Idrisi, yang memiliki peta dibantu eksplorasi Eropa pada masa Renaissance mengatakan telah tinggal di Fez untuk beberapa waktu, menunjukkan bahwa ia mungkin telah bekerja atau belajar di Al-Qarawiyyin.

Universitas ini telah menghasilkan banyak sarjana yang sudah sangat mempengaruhi sejarah intelektual dan akademik dunia Muslim dan Yahudi. Di antaranya adalah Ibnu Rushayd Al-Sabti, Mohammed bin Al-Hajj Al-Abdari Al-Fasi, Abu Imran Al-Fasi, teoritikus terkemuka dari mazhab Maliki hukum Islam, Leo Africanus, seorang pengelana terkenal dan penulis, dan Rabbi Moshe ben Maimon.

Institusi Al-Qarawiyyin diakui oleh buku Guinness, UNESCO dan banyak sejarawan sebagai universitas pemberi gelar akademik tertua yang masih beroperasi di dunia. Namun, klaim ini ditentang oleh sejarawan lain yang menganggap bahwa universitas-universitas abad pertengahan di dunia Islam dan universitas Eropa abad pertengahan diikuti lintasan sejarah sangat berbeda.

Sampai sebelumnya diperluas untuk yang terakhir dalam zaman modern, dan sertifikat yang disampaikan dalam universitas non-Eropa menyimpang dalam konsep dan prosedur dari doktoral abad pertengahan di mana gelar universitas modern berevolusi. Pada tahun 1947, Universitas Al-Qarawiyyin direorganisasi menjadi universitas modern. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here