Didi Kempot Disebut Meninggal Karena “Code Blue Asma” Ini Penjelasan Dokter

5238

Jakarta, Muslim Obsession – Penyebab kematian penyanyi campursari Didi Prasetyo atau beken dengan nama panggung Didi Kempot memang masih simpang siur. Namun di jagad media sosial, Didi disebut meninggal karena terkena “Code Blue Asma”

Banyak orang penasaran apa sebenarnya Code Blue Asma?

Ahli paru dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospital Pulomas menjelaskan bahwa code blue atau kode biru biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi darurat, dimana seseorang atau pasien kesulitan dalam bernafas, sehingga jatung terhenti.

“Code blue artinya peristiwa terjadinya henti napas dan jantung yang berarti ada kejadian gawat darurat. Code blue bisa pada pasien baru masuk, bisa pada pasien yang dirawat,” kata dr Frans, Selasa (5/5/2020).

“Penyebab nya sering henti jantung atau serangan jantung yang menyebabkan henti napas,” lanjutnya.

Dikutip dari WebMD, sebetulnya tidak ada aturan baku soal pemakaian kode ini dan tiap fasilitas kesehatan bisa saja punya kodenya masing-masing.

“Tidak ada definisi atau konvensi standar terkait penggunaan kode. Meski code blue biasanya untuk henti jantung di banyak rumah sakit, bukan berarti artinya sama di semua tempat,” tulis WebMD.

Didi Kempot diberitakan meninggal dunia di Solo, Selasa (5/5/2020). Didi Kempot diketahui meninggal dunia pada pukul 07.30 WIB.

Dalam wawancara di KompasTV. saudara dekat Didi Kempot, Lili mengatakan almarhum Tadi malam di Rumah Sakit Kasih Ibu di Solo. Saat ini masih di ruang jenazah. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here