Dibuka untuk Umum, Masjid Istiqlal akan Adakan Shalat Idul Adha

100
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal akan direnovasi menyeluruh untuk pertama kali sejak diresmikan pada 1978.

Jakarta, Muslim Obsession – Setelah lama ditutup, Masjid Istiqlal kini sudah kembali dibuka untuk umum. Rencananya, juga akan digelar shalat Idul Adha pada 31 Juli 2020 mendatang. Pelaksanan shalat Idul Adha tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Insyaallah akan dilaksanakan Salat Idul Adha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” kata Menteri Agama, Fachrul Razi, Selasa (7/7/2020).

Menurut Fachrul, shalat Idul Adha juga sebagai penanda awal dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk jamaah umum. Selain itu, sejumlah persiapan menuju Idul Adha juga tengah dilakukan.

Mulai dari pembuatan, penyediaan, dan pendistribusian, baik cetak maupun digital naskah khutbah Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi bertemakan Solidaritas Sosial Dalam Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19, sebagai acuan di masjid-masjid di Indonesia.

“Kami akan mendistribusikan khotbah Idul Adha dengan tema seragam,” jelas Menag.

Sementara itu, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Zulhijah untuk menentukan Idul Adha pada 21 Juli 2020. “Sidang kami siarkan live streaming sistem pelaporan rukiyatul hilal,” ujar Fachrul. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here