Dibanding Indonesia, Negara-Negara Ini Lebih Dahulu Terapkan Hukum Kebiri

481

Jakarta, Muslim Obsession – Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 perihal Perlindungan Anak sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Perppu ini membahas pemberlakuan hukuman kebiri kimiawi terhadap pelaku kekerasan seksual.

Di Mojokerto, hukuman kebiri kimia sudah mulai diterapkan. Hukuman kebiri kimia pertama kali menimpa Muh Aris (20). Pemuda asal Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, itu harus menjalani hukuman kebiri kimia setelah terbukti melakukan perkosaan terhadap 9 anak.

Baca juga:

Putusan Kebiri Punya Dasar Hukum yang Kuat

Hukum Mengebiri

Di Indonesia, hukum kebiri menuai pro dan kontra. Ada yang setuju, namun ada juga yang menolak. Karena hukum kebiri dianggap menyalahi hak asasi manusia.

Tetapi, sebelum Indonesia mulai menerapkan hukum kebiri, negara-negara lain sudah lebih dulu menerapkan hukum kebiri bagi pelaku pemerkosaan.

Dilansir dari berbagai sumber, sedikitnya ada 12 negara yang sudah menerapkan hukum kebiri, sebelum Indonesia.

  1. Malaysia

Negara tetangga, Malaysia, menjadi anggota ASEAN pertama yang memberlakukan hukum kebiri untuk pelaku pedofilia. Pemerintah Malaysia sangat tegas dalam melindungi anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here