Dianggap Gagal Tangani Kasus Pelecehan, Paus Fransiskus Didesak Mundur

608
Pada hari Sabtu, Francis bertemu secara pribadi dengan delapan korban kekerasan ulama, agama dan kelembagaan di Irlandia (Foto: Al-Jazeera)

Jakarta, Muslim Obsession – Seorang pejabat senior Vatikan, Uskup Agung Carlo Maria Vigano mendesak Paus Fransiskus untuk mengundurkan diri. Dia menuduh Paus gagal bertindak cepat atas tuduhan pelecehan seksual terhadap mantan Kardinal Theodore McCarrick.

Dalam pernyataan 11 halaman, Vigano mengatakan sanksi yang dijatuhkan pada McCarrick oleh Paus Benediktus XVI atas pelanggaran seksual dicabut di bawah Fransiskus.

Vigano mengaku dirinya memberi tahu Francis secara pribadi pada 2013 tentang sanksi dan kebejatan McCarrick, yang merupakan mantan uskup agung Washington, DC.

“Paus Francis harus menjadi orang pertama yang memberikan contoh baik bagi para kardinal dan uskup yang menutupi pelanggaran McCarrick. Dia harus mengundurkan diri,” katanya seperti dilansir Al-Jazeera, Senin (27/8/2018).

Meski demikian Vatikan tidak segera berkomentar tentang tuduhan itu. Vigano, Mantan utusan Vatikan yang berusia 77 tahun dikenal sebagai seorang konservatif. Di mana dia sering menjadi kritikus Paus Fransiskus yang dipandang lebih moderat.

Dia menulis surat yang berisi kecaman panjang tentang homoseksualitas dan liberal yang terjadi di Gereja Katolik. Colm O’Gorman, seorang penulis, aktivis, dan korban kekerasan gereja, mengatakan surat dari Vigano adalah perkembangan yang cukup mengejutkan.

“Dalam sejarah gereja selama 2.000 tahun, tidak ada pejabat gereja senior yang pernah keluar dan meminta paus untuk mengundurkan diri,” kata O’Gorman. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here