Di Tengah Wabah, Dokter Lebih Sarankan Kacamata Dibanding Lensa Kontak

152

Muslim Obsession – Jika Anda memang terpaksa harus menggunakan lensa kontak, Anda harus benar-benar berhati-hati soal kebersihan.

Sekarang kita semua sudah terbiasa dengan panduan bahwa salah satu cara terbaik untuk melindungi dari tertular virus corona adalah berhenti menyentuh wajah kita. Jadi bagaimana mereka pemakai lensa kontak?

Dilansir Daily Sabah, Senin (13/4/2020) menurut Christopher J. Rapuano, kepala layanan kornea di Rumah Sakit Mata Wills di Philadelphia, mengatakan bahwa ada aturan tertentu yang harus diikuti oleh pengguna kacamata dan lensa kontak untuk meminimalkan risiko penyebaran virus atau menjadi terinfeksi.

Pilihlah kacamata daripada lensa kontak

Mulut dan hidung telah mendapat perhatian paling besar sebagai titik masuk potensial untuk virus, tetapi kuman dapat dengan mudah masuk ke tubuh Anda melalui mata Anda.

Sedangkan mengenakan lensa kontak mengharuskan Anda menyentuh mata Anda setidaknya dua kali sehari saat memasukkan dan melepasnya.

“Sangat logis bahwa jika orang dapat mengurangi jumlah penggunaan lensa kontak atau menghentikan penggunaan kontak (sepenuhnya, untuk saat ini). Itulah yang kami rekomendasikan,” kata Rapuano.

Jika Anda memilih lensa kontak karena kenyamanan atau penampilan, pertimbangkan untuk lebih memilih menggunakan kacamata di saat-saat seperti ini.

Apa pun alasannya, jika Anda harus memakai lensa kontak, pastikan Anda mencuci tangan dengan baik sebelum memasukkan lensa kontak dan mengeluarkannya.

Jangan menggosok mata Anda

Lensa kontak dapat menyebabkan mata kering, jadi Anda harus ekstra hati-hati untuk tidak menggosoknya. Siapkan sebotol air mata buatan atau kompres dingin untuk digunakan jika Anda gatal.

“Jika Anda sensitif terhadap alergi, obat tetes alergi yang dijual bebas, seperti olopatadine atau ketotifen dapat membantu mengurangi rasa gatal,” kata Rapuano.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here