Di India, Muslim dan Hindu Berdoa di Satu Atap yang Sama

885
Di Distrik Chikkaballapur, Karnataka India, Muslim dan Hindu berdoa di satu atap yang sama (Foto: Times of India)

Chikkaballapur, Muslim Obsession –  Umat Muslim dan Hindu hidup berdampingan di Distrik Chikkaballapur, Karnataka India. Di gedung yang sama, para dewa Hindu disembah oleh para pengikutnya. Maka di sisi lainnya, umat Muslim melakukan ibadah sesuai kepercayaannya.

Dewa Hindu Anjaneya dan Sufi saint Babaiah disembah di gedung yang sama dengan tempat ibadah Muslim. Tanda bahwa Muslim dan Hindu hidup berdampingan dengan damai.

Jika dilihat dari arsitektur bangunannya, sangat mencerminkan keharmonisan komunal dan sulit untuk memutuskan apakah bangunan itu adalah kuil atau masjid. Strukturnya menyerupai candi namun juga seperti sebuah masjid dengan kubahnya.

Orang-orang di sana merayakan semua festival. Selama Ganesh Chaturthi, Muslim tidak makan makanan non-vegetarian, dan selama Ramadhan, umat Hindu pun menghormatinya.

“Tidak ada perbedaan komunal di sini. Dari awal, kami bersama-sama merayakan Ram Navami dan Gowri Ganesha Festival di sini,” kata Aboobakar Siddiqui, salah satu warga Muslim di Chikkaballapur, seperti dilansir India Times, Rabu (30/5/2018).

“Mengapa kita tidak bisa menyembah Tuhan di satu tempat yang sama meski berbeda keyakinan? Biarkan orang lain berkomentar apapun, tapi penduduk desa kami tidak akan mendengarkan mereka. Kita semua di sini bersatu. Tidak ada kekerasan komunal di tempat ini,” kata Kamal Babu, warga Chikkaballapur lainnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here