Di Cina, Turki Pamerkan Artefak Tertua di Dunia

1050
Gobeklitepe, situs tertua di dunia (Photo: AA)

Beijing, Muslim Obsession – Kedutaan Besar Turki di Beijing, pamerkan Gobeklitepe di Turki Tenggara, yakni situs kuil tertua di dunia. Gobeklitepe diperkenalkan dalam seminar pariwisata di ibu kota Cina.

“Gobeklitepe berusia 6.500 tahun sebelum Zaman Batu dan 7.000 tahun lebih tua dari piramida Mesir tertua. Tercatat bahwa beragam artefak sejarah yang berasal dari 12.000 tahun telah ditemukan pada situs tersebut,” ujarnya, dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (27/3/2018).

Profesor arkeologi di Universitas Istanbul, Mehmet Ozdogan, dan Duta Besar Abdulkadir Emin Onen menyampaikan pidato kepada para peserta seminar. Mereka menjelaskan pentingnya situs bersejarah di provinsi tenggara Turki, Sanliurfa.

Abdulkadir Emin Onen menyatakan bahwa keindahan dan misteri Gobeklitepe dan situs-situs di sekitarnya telah terdengar di banyak bagian dunia. Sementara itu, Profesor Ozdogan mengatakan tidak ada informasi tentang bahasa yang digunakan oleh peradaban yang pernah tinggal di situs tersebut.

Ia menambahkan bahwa Turki masih mendeteksi sisa-sisa artefak yang ditemukan di Gobeklitepe. Ia mengaku tidak dapat langsung menetapkan pemilik peradaban mana situs tertua tersebut.

Gobeklitepe berada di daftar tentatif dari Situs Warisan Dunia UNESCO dan diakui sebagai kuil tertua di dunia oleh banyak organisasi internasional. Selama persiapan untuk pencalonan situs warisan dunia, Turki memasang atap baja seluas 4.000 meter persegi untuk melindungi situs tersebut. Setelah sempat ditutup sementara untuk kunjungan, Gobeklitepe sudah dibuka kembali bulan lalu. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here