Destinasi Religi di Semarang

998

Jakarta, Muslim Obsession – Semarang dikenal sebagai tempat yang memiliki wisata beragam, dari alam hingga kuliner. Namun tak hanya itu, Semarang juga memiliki beragam tempat untuk melakukan wisata religi yang tak kalah menarik untuk dilewatkan.

Tengok saja bagaimana Simpang Lima selalu menjadi tempat favorit wisatawan maupun warga sekitar yang singgah di sana. Atau Lawang Sewu yang menjadi tempat wajib untuk dikunjungi bagi mereka yang senang wisata misteri dan ingin memacu adrenalin.

Namun tak hanya itu, Semarang juga ternyata memiliki beragam tempat wisata religi yang tak boleh dilewatkan. Mulai dari masjid hingga wihara terdapat di Semarang.

Ingin tahu wisata religi apa saja yang bisa kamu kunjungi di kota terbesar kelima di Indonesia tersebut? Simak selengkapnya.

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang dirancang dengan gaya perpaduan antara Roma, Jawa, dan Arab. Masjid Agung Jawa Tengah ini juga dihiasi dengan payung hidrolik sebanyak enam buah di halaman utamanya, seakan-akan kamu berada di Masjid Nabawi.

Gaya Romawi terlihat dari 25 pilar di pelataran masjid. Pilar-pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi-kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. Selain tempat ibadah, terdapat perpustakaan, penginapan, dan fasilitas lainnya yang ditujukan untuk wisatawan.

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong merupakan klenteng kebangaan dari masyarakat Kota Bandeng. Klenteng ini sangat menarik dikunjungi karena arsitektur khas Tiong Hoa yang dimilikinya.

Saat memasuki kawasan klenteng ini, maka kamu akan disuguhi dengan sejarah Laksamana Cheng Ho, yang konon berlayar sampai Semarang. Selain menawarkan sejarah, Klenteng Sam Po Kong juga menghadirkan beberapa spot foto layaknya khas Negeri Tirai Bambu, karena di tempat ini disediakan pakaian ala prajurit China.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo (Sembilan Bangunan) terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa Gedong (Rumah) dan Songo (Sembilan) yang berarti sembilan kelompok bangunan. Namun, yang tersisa di sana hanya lima candi saja.

Candi Gedong Songo memiliki banyak kemiripan dengan candi yang ada di Dieng. Kompleks candi dibuat berderet dari bawah ke atas perbukitan, yang mengitari kawah sumber air panas.

Pura Agung Giri Natha

Tak perlu jauh-jauh ke Bali, di Semarang kamu juga dapat menemukan pura yang menjadj tempat ibadah umat Hindu, bernama Pura Giri Natha. Pura yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1968 itu merupakan pura terbesar yang ada di Semarang.

Uniknya, tak hanya untuk tempat ibadah, bagian tengah pura juga dijadikan sebagai tempat belajar mengajar, diskusi, maupun kegiatan sosial lainnya.

Vihara Buddhagaya Watugong

Kemudian, ada juga Vihara Buddhagaya Watugong yang bisa menjadi pilihan wisata religi kamu selanjutnya. Wihara yang berada di Pundakpayung, Banyumanik, Semarang itu memiliki dua bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Dhammasala.

Pagoda Avalokitesvara adalah bangunan bergaya Tiongkok dan Thailand dengan ketingian mencapai 45 meter, serta ditetapkan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha, wihara ini juga memiliki banyak sejarah di dalamnya. (Vina)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here