Destinasi Hits Pasca Tsunami di Serambi Mekkah

626
Masjid Baiturrahman (Foto: YouTube)

Muslim Obsession – Bukan rahasia betapa dahsyatnya ombak tsunami yang menerjang Aceh tahun 2004 silam. Gelombang sebesar 9,3 skala Richter tersebut telah mampu memporak-porandakan seluruh Bumi Serambi Mekkah. Ratusan korban pun berjatuhan dan banyak yang kehilangan harta dan keluarga dalam tragedi yang memilukan tersebut. Dibalik tragedi tersebut, ada beberapa peninggalan pasca tsunami yang menjadi destinasi hits untuk wisata di Aceh.

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh juga merupakan destinasi yang wajib dikunjungi di Banda Aceh. Letaknya sangat dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman. Monumen simbolis ini dibangun untuk mengenang tragedi tsunami yang menimbulkan banyak korban. Selain itu museum yang dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan dan perlindungan darurat seandainya tsunami terjadi lagi. Yakin mau melewatkan wisata di Aceh yang satu ini.

Tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalam Museum yang dibangun tahun 2009 ini, kita hanya perlu membayar uang parkir saja. Bangunan yang terdiri dari 4 lantai ini memiliki desain yang sangat unik. Pengunjung akan masuk melalui sebuah lorong sempit dan gelap yang diapit dua buah dinding air yang tinggi. Suasana mencekam langsung terasa saat melewati lorong ini. Saat masuk, seakan terdengar suara takbir, teriakan para korban, dan suara ombak yang begitu nyata. Seolah kita dibawa kembali pada suasana kepanikan saat tsunami terjadi.

Di wisata Aceh yang satu ini juga terdapat sebuah ruangan khusus yang bernama Ruang Sumur Doa. Di dalamnya diperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran. Pada dindingnya terukir nama ratusan ribu korban yang meninggal saat tragedi mengenaskan tersebut. Suasana di dalam ruangan berbentuk lingkaran ini juga membawa diri kembali mengingat kematian yang bisa datang kapan dan di mana saja.

Disini juga disediakan sebuah ruangan audiovisual bagi pengunjung yang ingin menonton video kompilasi kejadian-kejadian saat tsunami terjadi. Kemudian terdapat juga sebuah ruangan tempat menyimpan memorabilia dan miniatur-miniatur bangunan dan situasi yang menggambarkan keadaan Aceh yang telah porak-poranda.

Hal lainnya yang menjadi magnet tersendiri dari Museum Aceh Tsunami adalah pameran yang berisi foto dan informasi-informasi terkait proses terjadinya tsunami, seperti kisah para korban. Maka dari itu, berkunjung ke Museum Aceh Tsunami adalah pilihan wisata di Aceh yang tepat untuk menambah wawasan bagi anak-anak, remaja, atau dewasa sekali pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here