Desa Madani Parmusi di Takalar Garap 100 Hektar Lahan Jagung

557
Ketum PP Parmusi, H. Usamah Hisyam (pakaian serba putih) di tengah lahan produktif Desa Madani Parmusi di Desa Barammamase, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada Kamis (29/8/2019).

Takalar, Muslim Obsession – Gerakan Dakwah Desa Madani yang dicanangkan Parmusi mulai merambah ke sektor pemberdayaan ekonomi umat. Hal ini terlihat dengan adanya program penanaman jagung di atas lahan 100 hektar di Desa Barammamase, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Saat meninjau lahan yang mulai ditanami jagung tersebut, pada Kamis (29/8/2019), Ketua Umum PP Parmusi H. Usamah Hisyam juga meresmikan Desa Barammamase sebagai Desa Madani Parmusi.

Usamah mengatakan, Parmusi akan mewujudkan pilot project Desa Madani di setiap propinsi hingga akhir 2019.

Terdapat empat pilar Gerakan Dakwah Desa Madani, yakni peningkatan iman dan takwa, kesejahteraan ekonomi umat, pemberdayaan sosial, dan peningkatan kualitas pendidikan.

“Program penanaman jagung di Desa Madani Barammamase ini menjadi salah satu model upaya peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata Usamah saat meninjau kebun jagung tersebut.

Sekitar 100 hektar lahan itu menurut Sakri, Kepala Desa Barammamase, milik 17 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 20 KK. Selama ini lahan digunakan untuk pertanian padi dengan masa panen dua kali setahun. Pada bulan tersisa lahan ditanami jagung.

“Dengan adanya peresmian Barammamasse sebagai Desa Madani Parmusi ini, kami bekerja sama dalam penanaman jagung,” ujar Kepala Desa Sakri.

Usamah berjanji akan mengupayakan pengucuran modal usaha melalui kerja sama perbankan syariah dengan sistem bagi hasil.

“Dengan model ini insya Allah kesejahteraan umat di desa-desa semakin baik. Parmusi bertekad melalui gerakan desa madani ini rakyat semakin sejahtera lahir dan batin dalam ridha Allah Swt. karena kemiskinan akan mengakibatkan kekufuran,” kata Usamah.

Ketua PD Parmusi Takalar Ahmad Rasyid menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan jepala desa untuk mewujudkan Barammamase sebagai desa madani percontohan di Sulsel.

Selain mengembangkan perkebunan jagung, kata dai Desa Madani Faisal Akbar, Parmusi juga mengembangkan budidaya ikan di Desa Barammamase.

“Insya Allah besok (Jumat 29/8) Pak Ketum akan resmikan juga Desa Madani di Malino, Gowa,” kata Abu Wasahua, Ketua PW Parmusi Sulsel.

Dalam perjalanan Safari Dakwah Desa Madani ke Sulsel ini, selain istri Hj. Daisyanti Astrilita, Usamah juga didampingi Ketua Umum Muslimah Parmusi Nurhayati Payapo, Ketua LDP (Lembaga Dakwah Parmusi) KH. Syuhada Bahri, dan Bendahara Umum Parmusi Dewi Achyani. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here