Demi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Belajar tentang Islam

275
Shin tae-yong (Foto: Superball)

Jakarta, Muslim Obsession – Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia datang ke tanah air sebagai wajah baru. Meski demikian, ia rela melakukan berbagai hal demi bisa menjalankan tugasnya dengan lancar, termasuk belajar tentang Agama Islam.

Ia bahkan memiliki mentor khusus di Jakarta yang memberinya berbagai pengetahuan baru.

“Saat saya baru datang, saya berusaha untuk memahami budaya Islam,” ujar Shin Tae-yong seperti dikutip SuperBall.id dari Sportalkorea.com, Selasa (4/2/2020).

“Ada seorang dokter yang menjadi penganut Islam di Jakarta. Saya mengundang dia untuk mendengar soal budaya Islam selama sekitar tiga jam. Saya belajar banyak tentang budaya Islam dan hal apa saja yang harus dijaga,” ungkap dia.

Setelah mendapatkan pengetahuan baru, Shin Tae-yong pun siap mengatur agenda kepelatihannya demi menghormati kewajiban beribadah pemain.

“Saya berjanji kepada pelatih dan atlet lokal agar menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut Shin Tae-yong.

Sejak diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir Desember 2019, pelatih asal Korea Selatan itu sudah paham bahwa dirinya perlu belajar tentang budaya dan agama yang ada di Indonesia untuk melancarkan tugasnya.

“Saya juga menemukan kompromi di mana ada yang mengatakan ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa rasa tidak nyaman dalam latihan,” tuturnya.

Hormati Bulan Suci Ramadhan

Sejak sebelum berangkat ke Indonesia, Shin Tae-yong memang telah mempersiapkan apa saja yang harus dipelajarinya.

Pelatih berusia 50 tahun itu sadar betul, Indonesia adalah negara dengan budaya Islam yang sangat kuat.

Shin Tae-yong tahu, sebentar lagi ada periode puasa Ramadhan, yang datang di tengah-tengah kompetisi.

Saya menghormati agama, dan yang terpenting saya harus belajar tentang kebugaran fisik di sana,” imbuh Shin Tae-yong sebagaimana dilansir BolaSport.com beberapa waktu lalu.

Diketahui, puasa Ramadhan diperkirakan jatuh pada 24 April 2020. Pada saat itu, para pemain Timnas Indonesia baru memulai periode awal kompetisi Liga 1 2020.

Shin Tae-yong akan mencari formula terbaik bagi para pemain Timnas Indonesia yang beribadah puasa Ramadhan, tetapi tetap bisa sehat bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here