Deklarasi Anti Hoax, Warga Solo Siap Ciptakan Pemilu Damai dan Bermartabat

395

Solo, Muslim Obsession – Puluhan mahasiswa dan masyarakat Solo menggelar kegiatan Deklarasi Anti Berita Hoax.

Kegiatan yang digelar Kamis (20/12/2018) tersebut menyerukan Pemilihan Umum (Pemilu) yang damai dan bermartabat.

Diskusi media yang bertema “Peran Literasi Media Dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA untuk Pemilu yang Damai dan Bermartabat” itu digagas oleh forum Jurnalis Pesantren, di Restoran Ndalem Lamisan, Solo, Jawa Tengah.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan, Hafyz Marshal mengatakan bahwa keberadaan media sangat penting untuk mengawal Pemilu 2019 nanti, terlebih arus informasi yang sangat mudah diakses namun belum tentu kebenarannya.

Untuk itu, Komunitas Jurnalis Pesantren bersama berbagai komponen masyarakat, melawan hoax dan menangkal isu SARA demi terciptanya pemilu 2019 yang damai.

Nidzomun Niam selaku pemateri, menuturkan bahwa pesta demokrasi jangan menjadi momok bagi masyarakat dan juga dijadikan momen pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan isu mulai dari isu SARA hingga isu hoax.

“Masyarakat harusnya memanfaatkan pesta demokrasi dengan gembira dan bukan mencari kesalahan. Jangan sampai isu agama, isu sara dan informasi hoax menjadi alat hanya untuk menang di pesta demokrasi,” ujar Nidzomun Niam. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here