Dekat dengan Kiai Cara Bercermin kepada Rasulullah

438
KH Anwar Zahid.

Jakarta, Muslim Obsession – KH Anwar Zahid angkat bicara terkait fenomena belakangan ini maraknya kelompok yang menyatakan diri antikiai. Karena mereka beranggapan kiai sama saja dengan manusia biasa, sedangkan Rasulullah adalah makhluk yang sempurna.

Alumnus Pondok Pesantren Langitan, Tuban, Jawa Timur itu menegaskan bahwa kiai adalah orang yang mampu mendekatkan kita dengan Rasulullah SAW. Tanpa peran para kiai, kita tidak kenal Rasulullah, kita tidak bisa sampai kepada Rasulullah.

“Jarak umat Islam saat ini sangat jauh dengan Nabi Muhammad SAW, hampir 15 abad. Jika Rasul ibarat mata air, manusia saat ini adalah muaranya. Rasulullah ibarat mata air yang sangat bersih, jernih, bening, sedangkan kita ibarat sungai kecil yang sudah sampai di muara, keruh karena lumpur, kotor karena sampah,” katanya, seperti dikutip dari NU, Jumat (29/11/2019).

Untuk mencapai muara itu, lanjut KH Anwar Zahid tentu sangatlah jauh. Jika pun tidak sampai, setidaknya orang-orang bisa terkena percikan kejernihannya melalui sungai-sungai besar yang masih terjaga keasriannya, yakni para kiai.

“Kalau gak bisa, setidaknya kita mendekat ke sungai-sungai besar yang arinya masih terjaga kebersihannya, yakni para ulama, para kiai yang membimbing kita menuju tuntunan Rasulullah,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here