Definisi Cinta Menurut Quraish Shihab

272
Prof Quraish Shihab

Jakarta, Muslim Obsession – Pakar tafsir Al-Quran Prof. Quraish Shihab mengatakan bahwa mendefinisikan ‘cinta’ itu tidak mudah. Pasalnya, terlalu banyak definisi cinta yang dikemukakan, mulai orang awam hingga filosof.

Demikian dikemukakan Prof. Quraish saat menjadi narasumber Program Shihab & Shihab di Intiland Development Tbk Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/5). Tema yang diusung adalah Cinta: Jika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan (Part 1).

“Sangat sulit mendefinisikan tentang cinta walaupun terlalu banyak (yang mendefinisikanya) dari mulai orang awam sampai filosof,” kata mantan Rektor IAIN Jakarta itu melalui YouTube yang diunggah Najwa Shihab.

Prof. Quraish sempat diam sejenak, lalu mengemukakan beberapa definisi cinta. Menurutnya, cinta adalah permainan antara dua pihak. Keduanya bisa sama-sama menang atau sama-sama kalah.

“Itu cinta,” ucapnya.

Cinta, lanjutnya, seperti naik sepeda; pada mulanya sulit, bisa terjatuh-jatuh, tetapi kalau sudah mahir, Anda bisa naik sepeda di jalan yang terjal tanpa memegang kendali.

“(Itu) Cinta,” ucapnya.

Cinta adalah dialog antara dua aku, yang memaksakan kehendaknya enggan berdialog, bukan cinta namanya.

“Karena itu jangan pernah memaksakan siapa yang Anda cintai untuk menjadi seperti Anda, karena kalau menjadikannya seperti anda, dialognya tidak terjadi,” ucap penulis buku Tafsir Al-Misbah ini.

Ia mengingatkan orangtua yang mencintai anaknya agar tidak memaksakan untuk menjadi seperti dirinya. Sebaliknya, kepribadian si anak harus dikembangkan sehingga dapat terjadi dialog antara orangtua dan anak.

“Itu salah satu definisi yang paling mendekat kepada banyak pendapat seperti itu: dialog, dialog,” ucapnya. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here