Darmayanti Lubis: Berjuang Untuk Perempuan, Anak dan Pendidikan

320
Wakil Ketua II DPD RI Darmayanti Lubis. (Foto: Fikar Azmy/OMG)

Jakarta, Muslim Obsession – Berbincang-bincang dengan Darmayanti Lubis, tampak jelas sosoknya tak lepas dari pemikiran-pemikiran jauh ke depan. Senator yang telah sepuluh tahun duduk di DPD RI ini bertutur tentang prinsip dan capaian serta perjalanannya memperjuangkan aspirasi.

Beralih dari seorang akademisi menjadi politisi diakuinya tak mudah dilakukan. Untuk terjun ke dunia politik, dia harus rela melepaskan pekerjaan sebagai dosen di jurusan Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara (USU).

“Mengundurkan diri dari profesi dosen sebenarnya pilihan yang tidak menyenangkan bagi saya. Namun, karena tekad sudah bulat, saya memilih risiko kehilangan pekerjaan, bila tidak lolos ke Senayan. Untungnya, usaha dan pengorbanan tidak sia-sia. Alhamdulilah, pada Pemilu 2009, saya mewakili Sumatera Utara menjadi anggota DPD RI sekaligus berkesempatan memperjuangkan dan memengaruhi kebijakan untuk rakyat,” ungkap lulusan S3 University of Leeds, Inggris ini.

Wakil Ketua II DPD RI ini juga memiliki perhatian besar terhadap berbagai persoalan sosial di tengah masyarakat, khususnya menyangkut perempuan dan anak. Tak heran kalau pada 1991-1994 dia ditunjuk menjadi Sekretaris Pusat Studi Wanita USU. Dia banyak belajar kepemimpinan dan manajemen dalam beragam organisasi yang diikutinya, serta meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan. Ataupun menyumbangkan gagasan pemikiran demi pengembangan organisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here