Dana Tanggap Bencana yang Dikumpulkan Muhammadiyah Hampir 2 Miliar

45

Muslim Obsession – Merespon beberapa bencana yang terjadi di Indonesia pada pertengahan bulan Januari 2021, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggeluarkan Surat Edaran mendukung Lazismu untuk melakukan penggalangan dana di berbagai tingkatan wilayah sampai ranting Muhammadiyah.

Aksi penggalangan dana merespon bencana tersebut dinamai “Gerakan Jumat Kemanusiaan” telah efektif menggumpulkan dana melalui Lazismu sejak Surat Edaran PP Muhammadiyah diterbitkan pada 18 Januari 2021.

Beberapa wilayah, daerah, cabang hingga ranting Muhamamdiyah bahkan telah menggumpulkan dana puluhan hingga miliaran rupiah yang dikoordinir dan dihimpun oleh Lazismu.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Tembus 1 Juta, Ini Tanggapan Muhammadiyah

Seperti terlihat dalam update penggalangan dana yang dihimpun Lazismu Wilayah Jawa Tengah, pada Rabu (27/1/2021) telah mencapai 1,9 miliar atau tepatnya Rp. 1.962.265.294,- dari berbagai Kantor Layanan Lazismu dan Lazismu daerah di Jawa Tengah.

Direktur Lazismu Jawa Tengah, Ikhwanu Soffa mengatakan, penggalangan dana kemanusiaan yang dihimpunnya sejalan dengan intruksi PP Muhammadiyah sebagai respon atas bencana yang terjadi di Indonesia.

“Sesuai intruksi PP Muhamamdiyah, alokasi penggalangan dana ini akan diprioritaskan untuk pos-pos bencana alam besar seperti gempa di Mamuju, banjir di Kalimantan Selatan dan siaga Merapi di sekitar kedu raya,” kata Ikhwan seperti dikutip dari laman pwmjateng.com pada, Senin (25/1).

Ikhwan mengaku penghimpunan dana kamanusiaan Muhamamdiyah di Jawa Tengah hingga capai 1 miliar lebih menunjukan warga Muhammadiyah peduli dan kompak dalam aksi kemanusiaan. Adapun penggalangan dana dilakukan diberbagai elemen persyarikatan seperti cabang ranting Muhammadiyah, Masjid Muhammadiyah dan AUM, unsur Angkatan Muda Muhamadiyah dan Ortom, dan pengimpunan Lazismu di masing-masing daerah di Jawa Tengah.

“Kami yakin nominal 2 miliar rupiah bisa terlampaui, mengingat makin tingginya kesadaran masyarakat dalam berdonasi dan berbagi,” ujarnya.

Dari dana yang dihimpun Lazismu Jawa Tengah total puluhan juta hingga ratusan juta telah terkumpul di beberapa daerah Lazismu Muhammadiyah di seluruh kabupaten/kota hingga kantor layanan di Jawa Tengah.

Misalnya Lazismu Sragen melalui penggalangan dana dari Amal Usaha Muhamamdiyah (AUM), warga dan simpatisan hingga aksi galang dana di sejumlah titik kota di Sragen telah menghimpun dana sebesar  137 juta rupiah. Begitu juga dengan Lazismu Kebumen telah menghimpun dana 163 juta rupiah, Lazismu Karanganyar 171 juta rupiah dan Lazismu Sukoharjo 118 juta rupiah.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here