Dampak Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

665

Setelah diteliti lebih dari tiga minggu, para peneliti kemudian menyimpulkan hasil yang cukup mengejutkan. Kelompok mahasiswa yang mengurangi penggunaan media sosial lebih terbebas dari perasaan depresi dan kesepian dibanding sebelumnya. Bahkan, efek ini terasa sangat nyata pada orang-orang yang memang sedang tertekan atau mengalami depresi.

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa main media sosial terlalu sering dapat membuat rasa kesepian semakin berat. Mengurangi intensitasnya akan membuat rasa kesepian terusir dengan sendirinya.

Namun, penelitian ini hanya menyelidiki penggunaan tiga aplikasi saja sehingga belum bisa disimpulkan secara pasti apakah ini berlaku untuk semua jenis media sosial.

Menurut Melisa Hunt, tidak perlu benar-benar berhenti menggunakan media sosial. Namun, yang perlu dilakukan adalah membatasinya. Media sosial bisa berdampak negatif jika dimainkan terlalu sering. Karena di media sosial orang cenderung pamer dan melebih-lebihkan keadaan sesungguhnya.

Selain itu, media sosial tak hanya mendekatkan yang jauh tetapi juga menjauhkan yang dekat. Untuk itu, Hunt menyarankan untuk menggunakan media sosial hanya sekitar 30 menit per harinya. Selama 30 menit ini.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here