Dampak Buruk Menunda Shalat, Apa Itu?

240

Muslim Obsession – Kebiasaan menunda shalat, ternyata berdampak buruk pada kehidupan seorang muslim. Karena sesungguhnya kehidupan seorang muslim merupakan cerminan dari shalat yang ia lakukan.

Buya Mas’oed Abidin, ulama kharismatik asal Sumatra Barat mengungkapkan, seseorang yang terbiasa menunda shalatnya, maka ia harus siap tertunda dalam segala urusan kehidupannya.

“Tertunda dari kesuksesan pekerjaan, kebaikan keturunan, terpelihara kesehatan, terjamin kemapanan, dan tertunda dari mendapatkan petunjuk, serta lain sebagainya,” tulis Buya kepada Muslim Obsession, Selasa (23/4/2019).

Buya menyandarkan pendapatnya pada pernyataan seorang ulama sufi, Hasan Al-Bashri yang mengatakan:

أَيُّ شَيْءٍ يَعِزُّ عَلَيْكَ مِنْ دِينِكَ إِذَا هَانَتْ عَلَيْكَ صَلَاتُكَ وَأَنت أول مَا تسْأَل عَنْهَا يَوْم الْقِيَامَة

“Apa yang berharga dari agamamu jika shalatmu saja tidak berharga bagimu? Padahal pertanyaan pertama yang akan ditanyakan kepadamu pada Hari Kiamat adalah shalat.”

Buya memaparkan, seberapa hebat seseorang mampu memperbaiki shalatnya, maka seperti itulah ia akan mampu memperbaiki kehidupannya.

“Tidakkah kita tahu bahwa shalat itu bergandengan dengan kesuksesan? Hayya ‘alas shalahHayya ‘alal falaah. Itu artinya ‘marilah melakukan shalat, marilah meraih kesuksesan’,” ujarnya.

Oleh karenanya, tegas Buya, seseorang yang berharap kesuksesan kepada Allah, sudah seyogianya untuk segera menunaikan ‘hak-Nya’.

“Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang yang mendirikan shalat tepat pada waktunya. Semoga kita selalu mendapat ridha dan pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here