Dai Parmusi Dituntut Lebih Siap Dalam Berdakwah

424

Cibodas, Muslim Obsession – Ketua Lembag Dakwah Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), Ustadz Syuhada Bahri berharap setelah Jambore Nasional Dai Parmusi untuk lebih siap lagi dalam berdakwah.

Karena, menurut dia, untuk membina umat, membina bangsa dibutuhkan kesiapan, maka dari itu Parmusi mengadakan pengajian-pengajian bernama Parmusi mengaji menyelamatkan negeri 

“Sebab kita semua tahu bahwa-dakwah adalah jalannya para nabi, rasul dalam melakukan perubahan dan dakwah merupakan jalan terbaik untuk menuju tujuan, serta dakwah adalah mengundang keberkahan yang akan diberikan oleh Allah Swt kepada kita, kepada bangsa kita dan kepada keturunan-keturunan kita,” ungkapnya dalam sambutan penutupan Jambore Nasional Dai Parmusi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat, Kamis (27/9/2018).

Selain itu, dia mengatakan jambore ini sudah bersama-sama sepakat untuk merakit dan merekat kebersamaan diantara umat Islam dan bersama-sama untuk menyelamatkan, mensejahterakan bangsa agar lebih diperhitungkan oleh negara-negara lainnya.

“Parmusi berkomitmen untuk menyelamatkan dan mensejahterakan bangsa ini, agar menjadi bangsa yang kuat, menjadi bangsa yang dihitung dan diperhitungkan bukan menjadi bangsa yang lemah dan dilemahkan,” tukasnya.

“Karena itu, di kaki Gunung Pangrango kita bertemu untuk membulatkan tekad kita, bahwa setelah ini banyak program yang harus kita lakukan, kita tidak boleh menganggap tantangan dakwah semakin berat,” tambahnya.

Meski begitu, Syuhada menjelaskan bahwa dalam berdakwah para dai tidak perlu takut, karena kita pasti akan mendapatkan kemudahan sesuai dengan janji Allah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah 286.

“Allah jelas menegaskan dalam Al-Quran, Allah tidak akan membebani seseorang diluar kemampuannya, karena itu para dai Parmusi ketika harus dihadapkan dengan ujian, cobaan, yakinlah bahwa sebenarnya Allah sudah menanam kemampuan di dalam diri kita untuk menghadapi ujian dan cobaan itu,” katanya.

Maka dari itu, lanjut dia, dai Parmusi harus senantiasa menjadi dai yang siap menghadapi berbagai ujian dan cobaan, disikapi dengan jiwa yang tenang dan berani, karena di balik itu Allah Swt akan memberikan kemenangan kepada kita. 

“Keberanian juga tidak boleh asal berani tapi kita harus merencanakan secara baik, karena Allah Swt memberikan tuntutan kepada kita. Kita harus berjalan selangkah demi selangkah, setapak demi setapak, setingkat demi setingkat. Allah juga menyebut jika selesai dengan pekerjaan maka kerjakan pekerjaan yang lain,” tukasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here