Daging Sapi dan Daging Kambing, Mana yang Lebih Tinggi Kolesterol?

383
Hewan kurban
Ilustrasi Hewan Kurban (Foto: Edwin/OMG)

Muslim Obsession – Tidak lama lagi hari raya qurban akan dilaksanakan. Hari dimana umat Muslim akan berpesta daging, mulai dari daging kambing atau daging sapi.

Keduanya pun memiliki posisi favorit di masyarakat. Bertambah lezat ketika disajikan sebagai gulai, tongseng atau sate.

Meski demikian, jika Anda termasuk penggemar berat kedua daging tersebut, Anda tentu pernah bertanya-tanya, di antara keduanya mana ya yang kolesterolnya lebih tinggi?

Hati-hati kolesterol tinggi

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu dulu apa itu kolesterol. Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, kolesterol merupakan zat seperti lilin yang ditemukan di dalam lemak darah Anda.

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun sel tubuh yang sehat. Namun, bila kadarnya berlebihan, risiko mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah bisa meningkat.

Selanjutnya, kolesterol dibagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Mengetahui kadar kolesterol LDL Anda lebih penting daripada sekadar nilai kadar kolesterol total.

“Sebab, kolesterol LDL lebih bermakna dalam mengetahui faktor risiko Anda mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah,” tutur dr. Fiona.

Ada dua sumber kolesterol, yaitu dari dalam dan luar tubuh. “Sekitar 70% total kolesterol diproduksi oleh tubuh sendiri. Sisanya, sekitar 30% didapat dari luar tubuh, yakni makanan.”

Jadi, pilih daging sapi atau daging kambing?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here