Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Dunia Usai Cetak Gol ke-110 untuk Portugal

49

Muslim Obsession – Cristiano Ronaldo membuat sejarah sepak bola sebagai pencetak gol tim nasional paling sukses ketika ia mencetak gol ke-110 untuk Portugal, Rabu (1/9/2021) selama kualifikasi Piala Dunia melawan Irlandia.

Kapten Portugal itu mencetak gol pada menit ke-89, mengungguli mantan striker Iran Ali Daei.

Dia menambahkan gol kedua – sundulan lain – beberapa menit kemudian dalam kemenangan 2-1. Di awal pertandingan, tendangan penaltinya berhasil diselamatkan pada menit ke-15.

Ronaldo yang berusia 36 tahun, yang menyelesaikan kepulangannya ke Manchester United pada hari Selasa setelah meninggalkan Juventus, bermain dalam pertandingan ke-180nya untuk Portugal.

Penyerang itu melakukan debutnya untuk tim nasional pada tahun 2003 dan memulai rekor mencetak gol bersejarahnya di Kejuaraan Eropa 2004 dengan kekalahan 2-1 dari Yunani di babak penyisihan grup.

Dua pemain yang mencetak lebih dari 100 gol untuk negara mereka adalah Ronaldo dan Daei, yang mencetak 109 gol dalam 149 pertandingan untuk Iran dari 1993-2006 dan bermain untuk klub Jerman Bayern Munich dan Hertha Berlin.

Pencetak gol paling produktif dalam sepak bola internasional adalah Christine Sinclair dari Kanada yang berusia 38 tahun, yang mencetak golnya yang ke-187 di Olimpiade Tokyo di mana ia memenangkan emas bulan lalu.

Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak di Kejuaraan Eropa tahun ini dengan lima gol dalam empat pertandingan tetapi pertahanan gelar timnya berakhir di babak 16 besar.

Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi berbeda di turnamen kontinental, menambah jumlah golnya menjadi 11 untuk menyalip rekor sembilan gol Michel Platini di Euro.

Ronaldo juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions dengan 134 gol – 14 lebih banyak dari Lionel Messi, menurut UEFA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here