Corona Mewabah, Dai Parmusi Tetap Berdakwah Secara Online

216
Ustadz Rahim Mayau mendampingi Ketua PW Parmusi Sulsel Abubakar Wasahua berdialog dengan santri dan pengajar Pesantren Lorong.

Makassar, Muslim Obsession – Wabah virus Corona (Covid-19) tak membuat dai-dai Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) berhenti berdakwah. Di saat ada kebijakan social distancing dan work from home (WFH), sejumlah Dai Parmusi melakukan dakwah secara online.

Kegiatan dakwah secara online, salah satunya dilakukan Ustadz Rahim Mayau, Dai Parmusi Sulawesi Selatan yang memimpin Pesantren Lorong Raudhah Indonesia. Lembaga pendidikan yang terletak di kompleks Mangga Tiga Daya Permai Makassar ini tetap membuka kegiatannya meski dilakukan tidak secara face to face.

“Alhamdulillah, hingga hari ke-16 WFH Pesantren Lorong Raudhah Indonesia tetap melakukan dakwah secara online, baik halaqah dengan belajar iqra dan tahfizh, maupun kultum. Bahkan kultum pun bisa dalam bentuk lain, yaitu meme berisi nasihat,” kata Ustadz Rahim kepada Muslim Obsession, Rabu (1/4/2020) pagi.

Sekretaris PW Parmusi Sulawesi Selatan ini mengatakan, pengajian online secara bertahap diikuti oleh 120 orang santrinya. Untuk halaqah Al-Quran online ini ditangani oleh 11 orang guru mengaji yang semuanya adalah penanggungjawab Sanggar Cinta Al-Quran.

Teknisnya, masing-masing dibuatkan grup sebagaimana kelompok belajar secara langsung (face to face).

Penyemprotan disinfektan di Sanggar Cinta Al-Quran. (Foto: Istimewa)

“Memang ada kendala, misalnya masalah kuota internet atau ada santri yang tidak punya handphone berbasis Android. Tapi bagi kami itulah dinamika perjuangan yang harus disikapi, bahwa di balik kesusahan itu ada kemudahan, sebagaimana yang dingatakan kembali oleh Ketua Umum Parmusi Bapak H. Usamah Hisyam ketika video conference dalam Mukernas VI Parmusi baru-baru ini,” ujar Ustadz Rahim.

Melalui dakwah secara online, jelasnya, Pesantren Lorong Raudhah Indonesia tidak hanya membantu pemerintah dalam hal social distance. Lembaga yang dimpinnya juga secara mandiri berinisiatif dan bekerja sama dengan Baitul Mal Hidayatullah Perwakilan Sulawesi Selatan melakukan penyemprotan disinfektan di Lorong Raudhah Mangga Tiga Daya Makassar.

Ustadz Rahim menilai, Covid-19 merupakan musibah yang harus disikapi oleh orang beriman dengan sabar dan shalat. Seperti yang ditegaskan Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al-Baqarah ayat 153: “Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.

Ia pun berharap kegiatan dakwah online yang dilakukannya setiap hari ini menjadi bagian penolak bala dan washilah untuk mengakhiri pendemi Covid-19.

“Kami bersyukur karena kegiatan ini juga disambut baik oleh Ketua PW Parmusi Sulawesi Selatan yang juga penasihat Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, Bapak Abubakar Wasahua,” tutupnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here