Cinta dan Dukungan Politik

522

Dukungan Karena Ego dan Nafsu

Yang menjadi masalah adalah ketika dukungan politik itu terjadi karena ego dan nafsu. Pada umumnya dukungan seperti ini rawang pudar di tengah jalan, bahkan tidak jarang berbalik menjadi lawan.

Ada beberapa kemungkinan sehingga terjadi dukungan karena ego dan nafsu ini. Ada yang mendukung kandidat tertentu karena memang ada kepentingan tertentu. Seorang pengusaha misalnya mendukung calon tertentu agar kelak ketika sang calon itu menang maka perusahaannyalah yang akan menadah berbagai proyek daerah atau negara.

Ada juga karena dengan mendukung sang calon dia akan dianggap sebagai pahlawan. Dialah yang menjagokan, mengkampanyekan, sehingga sang calon terpilih. Tentu harapannya adalah pujian. Padahal belum tentu dukungannya itu memberikan dampak positif sedikitpun untuk sang calon.

Atau sebaliknya belum tentu dukungan itu memberikan dampak positif bagi sang pendukung. Setelah kandidat menang pada umumnya para pendukung itu terlupakan atau dilupakan.

Ada juga yang mendukung karena sekedar pelarian. Biasanya dukungan seperti ini diharapkan untuk menutupi kekurangan dirinya sendiri. Atau boleh jadi karena di kubu sebelah ada yang tidak disenangi. Sehingga dukungan itu baginya adalah jalan untuk balas dendam.

Intinya adalah: cinta selain kepada Allah dan rasulnya jangan berlebihan. Sebaliknya benci selain kepada Iblis dan syetan juga jangan berlebihan. Karena boleh jadi mereka Yang kamu cintai hari ini mengecewekanmu di esok hari. Dan mereka yang kamu benci hari ini menjadikanmu jatuh hati di esok hari.

Dalam dukungan politik juga demikian. Jaga batas dan kesimbangan. Toh kedua kandidat juga hanya manusia yang pasti di sana-sini banyak kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Mendukung itu hak. Tapi menjaga hati dan kebersamaan itu tanggung jawab dan kewajiban. Jika dukunganmu memecah belah maka simpan saja dulu di bilikmu masing-masing. Pada hari pemilihan barulah kamu bawa masing-masing ke bilik pemungutan suara. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here