China Tolak Tim WHO yang Akan Selidiki Asal Mula Virus Corona

236

Muslim Obsession – China disebut menolak tim dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) yang akan meneliti asal mula pandemi virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Hal ini sebagaimana dilansir CNN, Selasa (5/1/2021).

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dua peneliti dari tim tersebut telah berangkat ke Wuhan. Tetapi mereka diberi tahu bahwa otoritas China masih belum memberi izin yang dibutuhkan untuk memasuki negara itu.

“Saya sangat kecewa dengan kabar ini. Saya telah berkomunikasi dengan pejabat senior China, dan sekali lagi menegaskan bahwa misi ini sangat penting bagi WHO dan tim internasional,” kata Tedros dalam konferensi pers di Jenewa, Selasa (5/1/2021).

Tedros mengatakan, WHO berharap bisa segera menjalankan misi penyelidikan tersebut secepat mungkin, dan mengatakan bahwa Beijing sebelumnya telah menjamin bahwa proses perizinan sedang diurus secepat mungkin agar tim peneliti bisa segera tiba.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Program Darurat WHO, Dr Michael Ryan mengatakan, kedatangan dua orang tim peneliti ke Wuhan terhambat karena proses pengurusan visa.

Dia menyebut, satu dari dua orang itu telah kembali ke negara asalnya, sedangkan satu orang lagi masih menunggu dan saat ini sedang transit di negara lain.

Pada Mei 2020, WHO setuju untuk mengadakan penyelidikan tentang asal mula pandemi setelah lebih dari 100 negara menandatangani resolusi yang menyerukan perlunya penyelidikan independen.

Ryan mengatakan, tim peneliti berharap bawah penolakan memasuki China hanya disebabkan oleh masalah logistik dan birokrasi, yang diharapkan bisa diselesaikan secepat mungkin.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara terbuka menuding China sebagai penyebab pandemi virus corona, dan bahkan sempat menyatakan akan memutus hubungan kerja sama dengan WHO.

Trump menuduh China tidak jujur dalam laporan awal mereka tentang virus corona, dan menuduh Negeri Tirai Bambu telah menekan WHO, yang mengakibatkan negara-negara lain bergerak ke arah yang salah. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here