Cerita Megawati Soal Percobaan Pembunuhan Berdarah Sukarno

143
Sukarno
Presiden RI pertama, Ir. Sukarno.

Jakarta, Muslim Obsession – Sebagai Presiden yang lahir dari pergolakan revolusi, Sukarno tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Ada juga pihak-pihak yang tidak suka dengan model kepemimpinan Sukarno sehingga upaya percobaan pembunuhan kerap menimpa Sukarno. Beruntung Sukarno selalu selamat dari teror itu.

Cerita mengenai upaya percobaan pembunuhan kembali dikisahkan oleh putrinya, Megawati Sukarnoputri. Mega tak pernah lupa momen ketika sekolahnya di Perguruan Cikini merayakan hari jadi ke-15 dengan menggelar malam amal dan bazar pada 30 November 1957. Saat itu Mega dapat tugas menjaga pameran.

Suasana semakin semarak dengan kehadiran Presiden Sukarno, yang datang bukan sebagai presiden tapi wali murid Mega dan Guntur. Banyak teman Mega dan murid-murid lain sekolah itu bercengkerama akrab dengan Sukarno.

Namun, seketika suasana berubah pilu begitu Sukarno hendak menuju mobilnya untuk pulang. Enam granat dilemparkan pemuda-pemuda asal Bima, Nusa Tenggara Timur, ke arah Sukarno. Korban berjatuhan.

“Tidak terlupa karena korbannya dari kawan saya ada 100-an orang, baik meninggal, luka parah, atau luka kecil. Ada beberapa yang cacat seumur hidup,” kata Mega seperti dikutip Historia, Ahad (13/1/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here