Cerita Jadi Mualaf, Reza Rahadian: Ini Murni Dialog Saya dengan yang di Atas

265

Jakarta, Muslim Obsession – Siapa yang tidak kenal dengan Reza Rahadian, aktor yang tekenal pandai memainkan semua peran ini ternyata adalah seorang mualaf. Meski lahir dan dibesarkan dari keluarga Nasrani, Reza akhirnya memutuskan untuk pindah agama menjadi seorang Muslim.

Kehidupan pribadi Reza memang jarang terekspose, terlebih soal keyakinannya. Namun Reza akhirnya mau terbuka dengan semua itu. Saat berbincang dengan Daniel Mananta dalam vlog yang diunggah di YouTube pada Jumat (9/4), Reza menceritakan alasan dan proses dirinya memutuskan pindah keyakinan.

“Transisi gua bukan karena alasan apapun selain daripada keyakinan yang gue rasa itu dialog gue dengan Tuhan. Dibesarkan sebagai nasrani, gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu,” kata Reza.

Reza melanjutkan bahwa keputusannya pindah agama murni karena keinginannya sendiri.

“Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, atau paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak. Nggak sama sekali. Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua. Karena itu gue komunikasikan ke Nyokap,” katanya.

Setelah tekadnya untuk berganti agama sudah bulat, Reza bahkan membicarakannya pada orangtua.

“Ma kayaknya Kakak punya…’ belom selesai gue ngomong, you know what? ‘Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan Mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik’. That’s it, udah, nggak ada perdebatan, nggak ada pertengkaran,” tambahnya.

Reza mengatakan bahwa setelah melakukan proses pindah agama, ia tidak merasakan perbedaan dalam sebuah hubungan keluarga. Reza tetap mengaku masih ikut menghias pohon Natal bersama keluarganya ketika Natal tiba sekalipun ia beragama Islam.

“Hubungan sama Nyokap baik-baik aja. Adik gua tetep sebagai seorang Nasrani dan kita bisa hidup bahagia bersama dalam artian menjalankan agama masing-masing,” ujar Reza. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here