Cerita Gus Baha Pernah Menangis di Bandara

136
Gus Baha. (Foto: Ponpes Almunawwir)

Muslim Obsession – Menangis adalah hal lumrah yang biasa terjadi pada setiap orang. Tak hanya saat sedih, menangis juga bisa terjadi saat seseorang justru sedang mengalami kebahagiaan.

Ya, menangis sejatinya adalah respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan.

Demikian pula yang dialami KH. Bahauddin Nursalim atau yang biasa disapa Gus Baha. Kiai muda ini mengaku pernah menangis saat bertemu seseorang di sebuah bandara di Jakarta.

BACA JUGA: Gus Baha: Punya Istri Galak Disyukuri, Itu Keberkahan

“Saya tuh pernah menangis di bandara ketika ketemu orang ireng (berbadan gelap). Mukanya jelas melarat. Ketemu saya dia cium tangan,” cerita Gus Baha dalam sebuah pengajian.

Orang tersebut, lanjut Gus Baha, mengatakan bahwa ia baru saja pulang dari Selandia Baru. Ia bekerja mencari ikan Tuna di tengah laut.

Kepada Gus Baha, orang itu mengungkapkan jika saat memancing ia bisa dua bulan berada di tengah laut.

“Hiburan saya itu hanya (ikut) ngaji ke jenengan lewat Youtube,” ungkap orang tersebut kepada Gus Baha.

BACA JUGA: Gus Baha: Jangan Karena Pandemi Ini, Kita Lupa Bersyukur

Dari cerita tersebut, Gus Baha mengingatkan jamaahnya untuk tetap mengaji di manapun berada. Utamanya mengisi hari-harinya dengan membaca Al-Quran.

“Makanya saya meminta Anda yakin saja dengan syafaatnya Al-Quran,” tegas Gus Baha.

Semua malaikat, jelasnya, terkena aturan dari Allah Ta’ala. Di antara aturannya adalah malaikat tidak boleh menyiksa orang yang di hatinya ada Al-Quran. Sebagaimana hadits Rasulullah ﷺ:

 اقْرَءُوا الْقُرْآنَ وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ هَذِهِ الْمَصَاحِفُ الْمُعَلَّقَةُ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُعَذِّبُ قَلْبًا وَعَى الْقُرْآنَ

“Bacalah Al-Quran, dan lembaran-lembaran yang tergantung ini tidak akan menipu kalian, sesungguhnya Allah tidak akan menyiksa hati yang selalu memperhatikan Al-Quran,” (HR. Ad-Darimi dari Abu Umamah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here