Cegah Sakit Jantung dengan 5 Langkah Ini

456

Jakarta, Muslim Obsession – Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit jantung disebabkan karena masalah dan kelainan pada organ vital itu sendiri sehingga mengalami gangguan.

Centers for Disease Control (CDC) mengatakan, bahwa penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Satu dari empat kematian di AS disebabkan oleh penyakit jantung.

Di Indonesia, penyakit jantung juga menjadi penyebab kematian tertinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi penyakit jantung di Indonesia bahkan mencapai 1,5 persen.

Faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung kebanyakan merupakan akibat dari gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, obesitas, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan kadar kolesterol tinggi. Agar jantung tetap sehat, sebenarnya penyakit ini bisa dihindari pemicunya.

Berikut cara menjaga kesehatan jantung sejak dini, seperti dirangkum dari Web MD.

1. Konsumsi makanan sehat

Beri asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari kalori berlebih. Kurangi mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet.

Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah secara rutin agar memberi dampak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, ganti camilan atau makanan ringan dengan kacang-kacangan karena mengandung protein dan lemak sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here