Cegah Covid-19, Rumah Zakat Bangun Gerbang Disinfektan di 1.684 Desa

298
Rumah Zakat akan membangun 1.684 desa di 33 provinsi yang menjadi binaan untuk mencegah mewabahnya Virus Corona.

Bandung, Muslim Obsession – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah pedesaan, Rumah Zakat akan membangun 1.684 desa di 33 provinsi yang menjadi binaan.

Langkah ini diharapkan dapat membuat masyarakat desa lebih menyadari pentingnya untuk menjaga kebersihan diri agar terhindar dari wabah virus corona.

“Berbeda dengan masyarakat perkotaan yang memperoleh edukasi tentang social distancing dalam mencegah penyebaran virus Corona, warga desa memerlukan kanal yang berbeda untuk program sosialisasi. Apalagi kebiasaan masyarakat kita di desa adalah berkumpul,” ungkap Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda dalam rilisnya, Sabtu (28/3/2020).

Salah satu desa yang sudah memiliki gerbang disinfektan adalah Desa Berdaya Cisolok, Sukabumi Jawa Barat. Lokasi Gerbang disinfektan otomatis dipasang di jalan desa Jl. Gg.  Mbah Upin RT. 01 RW. 03 Cisolok yang dilalui oleh masyarakat Desa Cisolok dan desa tetangga lainnya.

Dalam pembuatan gerbang ini banyak pihan yang terlibat antara lain, pemerintah Desa cCsolok,  Dinkes,  Muspika,  PDAM serta seluruh warga dan pedagang toko yang ada di sekitar tempat tersebut.

“Pembuatan Gerbang Disinsifektan otomatis ini dikerjakan selama 3 hari karena terkendala cuaca hujan. Alhamdulillah gerbang disinfektan bisa selesai tepat waktu,” ujar Nanan Relawan Inspirasi Desa Berdaya Cisolok Sukabumi Jawa Barat.

Selain membangun gerbang disinfektan, Rumah Zakat pun melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menempelkan poster edukasi kebersihan di rumah-rumah, pelatihan membuat hand sanitizer, dan juga penyemprotan disinfektan di fasilitas umum desa. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here