Catat! Ini Empat Model Penguasa

611
Ustadz-Farid-Okbah-
Ustadz Farid Ahmad Okbah. (Foto: panjimas)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia), Ustadz Farid Ahmad Okbah, memberikan catatan tentang model penguasa di tengah masyarakat Muslim.

“Pertama, Penguasa sekaligus Ulama. Merekalah para Khulafaur Rasyidin. Merekalah kader-kader yang dipersiapkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam,” katanya dalam pesan singkat yang diterima Muslim Obsession, Jumat (13/4/2018).

Adapun model penguasa yang kedua, tulisnya, adalah penguasa yang masih menghormati para ulama. Penguasa model ini menempatkan ulama pada posisi-posisi jabatan pemerintahan, seperti kehakiman, pengatur zakat, dan lainnya.

“Ucapan mereka (ulama) juga masih didengar oleh penguasa,” jelasnya.

Sementara model yang ketiga adalah penguasa yang menzalimi para ulama. Penguasa seperti ini, sebut Ketua Yayasan Al-Islam (Islamic Center) Bekasi, teridentifikasi saat para penguasa terkena pemahaman dan syubhat pemikiran sesat. Sebagaimana terjadi pada masa Imam Syafii, Imam Ahmad, dan lainnya.

Dan model yang keempat adalah penguasa yang mendikte para ulama. Ulama tidak boleh berbicara bebas. “Penguasa yang menyetir mereka,” tutupnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here