Catat! Empat Sifat Ini Menjauhkan Pemiliknya dari Api Neraka

216
Bunga Dandelion (Ilustrasi)

Muslim Obsession – “Maukah kalian meminta orang-orang yang tidak akan disentuh api neraka atau orang yang tidak akan masuk neraka, mereka adalah setiap orang yang memiliki sifat hayyin, layyin, qaribin, sahlin.” (HR. At-Tirmidzi)

Demikian sabda Nabi Muhammad Saw. tentang tiga sifat yang dijamin pemiliknya tidak akan masuk neraka. Berikut penjelasannya:

Pertama, Sifat Hayyin

Hayyin artinya tawadu’ atau rendah hati. Dalam Al-Quran Allah Swt. berfirman: “Mengenai hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan hati yang rendah dan orang-orang yang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucap ‘salam’.” (QS. Al-Furqan: 63)

Kedua, Sifat Layyin

Layyin artinya lemah lembut. Bertutur kata atau berbicara dengan kata yang lemah lembut. Jika kita perhatikan bagaimana Islam memadukan sifat lemah lembut dengan ketegasan ini menunjukkan akhlak dalam Islam yang sempurna.

Dari Abu Syuraih, ia berkata kepada Rasulullah Saw., “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga.”

Beliau bersabda, “Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.”

Ketiga, Sifat Qaribin

Qaribin dalam Bahasa Indonesia adalah karib yaitu dekat, akrab, tidak jaim dan mudah bergaul. Orang yang baru kenal dengan Rasulullah, ia langsung bisa akrab dan tidak canggung karena sifat Nabi yang begitu akrab.

Keempat, Sifat Sahlin

Sahlin berarti mudah. Allah berfirman: “Siapa yang mau membantu saudaranya di dunia, maka Allah akan memudahkan urusan-urusannya di akhirat.”

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang mukmin, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Wallahu A’lam bish Shawab…

(Vina)
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here