Cara Menjaga Niat Agar Tidak Berbelok

91

Muslim Obsession – Segala sesuatu, kata Nabi Shallallahu Alaihi wa Salam, tergantung pada niat seseorang itu, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang ia niatkan.

Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka ia akan mendapat pahala hijrah menuju Allah dan Rasul-Nya.

Namun, menjaga niat agar selalu lurus bukanlah perkara mudah. Ada yang niatnya di awal baik karena Allah, di tengah-tengah berubah menjadi tidak baik.

“Biasakan periksa lagi niat. Saat mau ibadah luruskan niat, saat mau beramal cek lagi niat, mau sedekah perbaiki lagi niatnya,” terang Aa Gym melalui Instagram, Senin (14/11/2020).

Lebih lanjut, Aa Gym menjelaskan bahwa ada tiga waktu mengevaluasi niat yaitu di awal, di tengah, dan di akhir.

“Periksalah niat di awal, evaluasi di tengah, luruskan kembali niatnya. Dan hingga akhir tetap evaluasi niatnya, apakah Lillahita’ala atau tidak,” imbuh Aa.

Terus periksa niat kita karena Allah Ta’ala mengawasi hati kita. Allah tahu kita sedang mengevaluasi, nanti Allah Ta’ala yang menggerakkan orang lain mengoreksi kita, meluruskan kita dan ini bagian dari karunia Allah Ta’ala

“…Barang siapa akhirat sebagai niatnya, maka Allah akan kumpulkan urusannya, Allah jadikan kekayaan dalam hatinya, dan dunia akan datang kepadanya dalam keadaan dunia itu tidak suka,” kata Aa mengutip hadits Nabi berikut:

Dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Kami mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah, hina (tidak bernilai di hadapannya).

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here