Cara Mengolah Minuman Jahe untuk Menguruskan Badan

141

Jakarta, Muslim Obsession – Jahe selain digunakan untuk kebutuhan memasak, juga punya banyak manfaat lain. Jahe ternyata juga bisa untuk menurunkan berat badan. Caranya jahe bisa diolah dengan berbagai macam minuman campuran.

Berikut cara menurunkan berat badan dengan jahe dan bahan yang dapat dikombinasikan ketika mengonsumsi jahe, merujuk Healthline.

1. Teh jahe

Jahe mudah diracik sebagai minuman selayaknya teh. Senyawa dalam jahe memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu pembakaran lemak dan menstabilkan gula darah, melansir Medical News Today.

Cara membuat teh jahe cukup sederhana. Ambil jahe seukuran jari kelingking, kemudian cincang dan rebus ke dalam 150 mililiter air mendidih selama 5-10 menit, lalu saring sebelum diminum.

2. Jahe dan cuka apel

Air rebusan jahe dengan cuka apel bisa membantu meluruhkan lemak terutama pada perut.

Kombinasi jahe dan cuka apel meningkatkan efek antiglikemik dan antioksidan. Sementara probiotik pada cuka apel sangat bermanfaat melancarkan pencernaan.

Kombinasi jahe dan cuka apel dapat ditambah dengan air biasa lalu diminum satu kali sehari sebelum makan. Apabila tidak kuat dengan rasa asam pada cuka apel, bisa menambahkan dengan satu sendok madu.

Cara membuatnya, seduh jahe dengan air panas dan biarkan sampai hangat sebelum menambahkan cuka apel. Sebab air yang terlalu panas dapat membunuh probiotik di cuka apel.

3. Minum jahe dan lemon

Jahe dan lemon merupakan perpaduan bahan alami yang bernutrisi, terutama lemon sebagai sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah dan mengurangi massa lemak.

Gabungan rebusan air jahe dengan perasan lemon ini dapat diminum sebanyak dua atau tiga kali sehari dalam gelas berukuran sedang.

4. Jahe dan teh hijau

Teh hijau dikenal memiliki khasiat menurunkan berat badan karena mengandung antioksidan yang membantu penyerapan lemak. Sementara jahe mengandung senyawa gingerol yang bermanfaat menekan nafsu makan.

Perpaduan seduhan teh hijau hangat dengan jahe ini dapat mempercepat penurunan berat badan dan relatif aman untuk diminum.

Batasan mengonsumsi jahe dan teh hijau ini cukup satu sampai dua kali saja dalam sehari.

5. Jahe dan sereh

Selain bisa menghangatkan tubuh dan meredakan mual, minuman jahe dan serai juga bermanfaat untuk diet. Serai atau sereh merupakan rempah perasa makanan yang memberikan rasa dan aroma citrus yang segar.

Air seduhan serai sendiri juga banyak digunakan sebagai minuman detoks untuk meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya berdampak pada penurunan berat badan.

Cara membuat minuman jahe serai yakni dengan merebus satu batang sereh dan 3-5 cm jahe yang sudah diiris-iris selama 5-10 menit. Setelah itu saring untuk bisa menikmatinya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here