Cara Melembutkan Hati Anak Menurut Buya Yahya

324
Buya Yahya.

Jakarta, Muslim Obsession – Karakter anak bermacam-macam. Ada yang penurut, rajin, tapi ada juga anak yang susah diatur, dan mungkin cenderung malas.

Jika anak kita rajin dan penurut, maka ucapkanlah Alhamdulillah. Tapi bagaimana jika anak Anda memiliki karakter yang nakal dan malas belajar? Lalu bagaimana caranya agar anak tersebut tidak nakal, tidak malas dan menjadi anak yang pintar? Adakah doa-doa yang bisa merubah karakter anak tersebut menjadi lebih baik?

Untuk menjawab hal itu, mari kita simak penjelasan dari Buya Yahya. Menurut Buya, ada beberapa poin untuk mengatasi anak yang nakal dan pemalas itu.

Baca juga:

Awas Kena Tipu Muslihat Setan

Nasihat Buya Yahya untuk Muslimah yang Masih Menjomblo

Agar Keluarga Menjadi Sakinah, Ini Nasihat dari Buya Yahya

Pertama, hal yang harus dilakukan orang tua adalah memohon kepada Allah Swt. agar hati anaknya dilembutkan dan agar tidak lagi malas belajar. Karena sejatinya hanya Allah yang menguasai segala hati.

Dan yang kedua, dikatakan Buya, masukkan kepada lingkungan yang baik dan agamis seperti Majelis ta’lim dan acara-acara keagamaan.

“Poin ketiga, jadilah orang tua yang bisa jadi suri tauladan bagi anak, karena seorang anak akan mudah meniru orang tua,” ujar Buya, seperti dikutip dari buyayahya.org, Kamis (14/11/2019).

Pendiri Pondok Pesantren Al-Bahjah itu melanjutkan, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sering mengajak bicara anak dalam hal positif dengan cara yang menjadikan anak merasa dianggap.

Poin kelima adalah, hukumlah kesalahannya dengan cara yang lebih lembut terlebih dahulu sebelum ada hukuman yang keras.

Berikutnya, dikatakan Buya, ubahlah cara marah Anda kepada anak. Dari misalnya memukul membentak, dengan memeluk mencium sambil membisikkan kesalahan di telinganya.

“Dan yang terakhir, serahkan kepada Allah yang maha kuasa setelah Anda berusaha dengan maksimal,” tandasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here