Cara Balas Chat Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Orang Lain

76

Jakarta, Muslim Obsession – Untuk memudahkan komunikasi kelompok atau komunitas, keberadaan grup WhatsApp menjadi sangat penting untuk koordinasi dan membuka obrolan. Tetapi ada kalanya Anda tentu ingin merespons chat grup namun ragu atau malu mengutarakannya di room chat.

WhatsApp pun memfasilitasi keinginan tersebut dengan menyediakan fitur Reply Privately. Fitur ini dapat digunakan sebagai cara balas chat grup WhatsApp tanpa ketahuan alias secara rahasia. Sehingga pengguna dapat membalas pesan hanya ke satu anggota di dalam grup secara personal.

Fitur Reply Privately ini sebenarnya serupa dengan personal chat atau japri, hanya saja percakapan yang ada grup dibalas secara privat ke orang yang bersangkutan atau chat-nya dikutip saja.

Berikut cara balas chat grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota lain dengan memanfaatkan fitur Reply Privately dengan perangkat HP Android, iOs, serta WhatsApp Web menggunakan PC atau laptop.

1. Android

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone
Pilih salah satu grup WhatsApp, kemudian cari percakapan yang ingin dibalas atau direspons secara privat.

Jika sudah menentukan chat-nya, tekan tahan balloon chat yang ingin dibalas. Selanjutnya klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar, kemudian pilih “Reply Privately” untuk membalas chat WhatsApp tanpa ketahuan alias secara rahasia
WhatsApp akan langsung mengarahkan ke chat pribadi kontak yang dipilih, disertai dengan kutipan pesan yang dikirim orang tersebut di dalam grup.

Dengan menyertakan kutipan pesan tersebut, menunjukkan bahwa Anda hanya ingin membalas pesan secara pribadi tanpa diketahui anggota lain di grup.

Jika ingin membatalkan atau menghapus kutipan sebelum mengirim pesan, Anda dapat mengeklik ikon “x” kecil yang di sebelah pesan.

2. iOS

Buka aplikasi WhatsApp di iPhone. Pilih salah satu grup WhatsApp, kemudian cari percakapan yang ingin dibalas atau direspons secara privat.

Jika sudah menentukan chat-nya, tekan tahan balloon chat yang ingin dibalas. Kemudian klik opsi “More” yang muncul sebagai menu pop-up Pilih opsi “Reply Privately” untuk membalas pesan secara rahasia.

Sama seperti pada cara dengan perangkat Android, WhatsApp akan mengarahkan pada ruang chat pribadi dengan orang yang bersangkutan disertai dengan kutipan pesan yang dikirim orang tersebut di dalam grup.

3. Desktop (WhatsApp Web)

Pengguna WhatsApp Web juga dapat melakukan cara balas chat grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota lain. Berikut tahapannya:

Buka situs WhatsApp Web https://web.whatsapp.com di perangkat desktop PC atau laptop. Bisa juga melalui aplikasi WhatsApp Web yang sudah terinstal di laptop.

Pilih salah satu grup WhatsApp, kemudian cari percakapan yang ingin dibalas atau direspons secara privat.

Jika sudah menentukan chat-nya, tekan ikon panah kecil arah bawah yang ada di pojok balloon chat tersebut. Pilih opsi “Reply Privately” yang muncul sebagai menu pop-up

WhatsApp akan langsung mengarahkan ke chat pribadi kontak yang dipilih, disertai dengan kutipan pesan yang dikirim orang tersebut di dalam grup.

Anda juga dapat membatalkan kutipan balasan sebelum mengirim pesan dengan mengeklik ikon “x” di sebelah pesan.

Demikian cara balas chat grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota lain dengan menggunakan fitur Reply Privately. Selamat mencoba. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here