Canggih! Umat Islam Kini Bisa Sentuh Hajar Aswad Virtual

118

Muslim Obsession – Bekerja sama dengan Institute for Custodian of the Two Holy Mosques, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan inisiatif “Batu Hitam Virtual”, yang memungkinkan umat Islam untuk melihat Hajar Aswad di Makkah secara virtual melalui teknologi Virtual Reality (VR) dari mana saja di dunia.

Inisiatif Batu Hitam Virtual diresmikan oleh Sheikh Dr. Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, Presiden Umum Majidil Haram dan Masjid Nabawi.

Dikatakannya, penting untuk menciptakan lingkungan simulasi virtual untuk merangsang semua indera seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, bahkan penciuman untuk memaksimalkan semua output presiden terkait Dua Masjid Suci dengan menjangkau seluruh dunia melalui virtual. dunia dan mensimulasikan realitas dengan kejelasan dan ketulusan.

Presiden Sudais menambahkan bahwa Dua Masjid Suci memiliki situs keagamaan dan sejarah besar yang harus didigitalkan dan dikomunikasikan kepada semua orang melalui sarana teknologi terbaru yang disediakan oleh kepemimpinan Saudi.

Dalam kesempatan yang sama, seperti dilansir The Islamic Information, Kamis (16/12/2021) Syekh Al-Sudais tidak lupa juga memberikan pujian kepada tim kerja atas jerih payahnya dan berdoa kepada Allah SWT agar selalu memberikan bimbingan dan kesuksesan serta menjaga tanah air tercinta.

Pembukaan juga dihadiri oleh beberapa universitas dan pejabat pemerintah, termasuk Turki bin Suleiman Al-Amro, yang merupakan kepala institut di Universitas Umm Al-Qura yang terlibat dalam pembuatan proyek Batu Hitam Virtual.

Meskipun belum jelas bagaimana dan kapan publik akan mulai mengakses teknologi realitas virtual ini, dikatakan bahwa inisiatif ini akan menjadi bagian dari pameran digital dan akan tersedia di pusat pameran arsitektur Dua Masjid Suci di Makkah.

Inisiatif ini merupakan proyek bersama antara Badan Pameran dan Museum bekerjasama dengan Universitas Umm Al-Qura, dan tidak ada hubungannya dengan ‘penggantian’ dengan hal yang nyata. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here