Canggih! Mesir Ciptakan Robot Pintar untuk Deteksi Covid-19

123

Muslim Obsession – Dengan Mesir menghadapi gelombang virus korona kedua, seorang penemu sedang menguji coba robot kendali jarak jauh yang dapat menguji COVID-19, mengukur suhu pasien, dan memperingatkan mereka jika mereka tidak memakai masker di rumah sakit swasta di utara Kairo.

Mahmoud el-Komy, seperti dilansir Arab News, Kamis (26/11/2020) perancang robot yang disebut Cira-03, mengatakan robot itu dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus.

Robot ciptaannya, yang memiliki wajah dan kepala mirip manusia serta lengan robotik, dapat melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram dan sinar-X, dan menampilkan hasilnya kepada pasien di layar yang ditempelkan di dadanya.

“Saya berusaha membuat robot itu tampak lebih manusiawi, agar pasien tidak takut. Jadi mereka tidak merasa seperti ada kotak yang masuk ke dalamnya,” katanya.

Ada respon positif dari pasien. Mereka melihat robot dan tidak takut. Sebaliknya, ada kepercayaan lebih karena robot lebih tepat daripada manusia.

Cira-03 menguji pasien untuk virus corona dengan menangkup dagu mereka dan kemudian mengulurkan tangan dengan kapas ke mulut mereka.

Abu Bakr El-Mihi, kepala rumah sakit swasta tempat robot itu diuji, mengatakan mereka menggunakan robot itu untuk mengukur suhu siapa pun yang diduga mengidap COVID-19.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here