Candaan Ala Rasulullah

290

Muslim Obsession – Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan manusia paripurna yang sangat menonjol sisi kemanusiaannya. Sebagai pembawa kabar, baik kabar gembira maupun peringatan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga suka bercanda.

Kendati demikian, style bercanda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbeda dengan manusia pada umumnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tak pernah berbohong, sekalipun saat beliau bercanda.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, dan At-Tirmizi, disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mencandai seorang sahabatnya.

Suatu ketika seorang laki-laki meminta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar dibawa serta di atas tunggangannya.

Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku akan membawamu dengan anak unta.”

Sahabat itu berkata dengan penuh heran, “Wahai Rasulullah, apa yang bisa saya perbuat dengan anak unta?”

Dalam pikiran sahabat tersebut, anak unta tentu saja berbadan kecil sehingga tidak akan sanggup menahan beban untuk perjalanan.

Mendengar pertanyaan sahabat itu, beliau pun menjawab, “Apakah ada unta yang tidak dilahirkan oleh unta betina?”

Anak unta yang dimaksud Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentu saja bukanlah unta yang benar-benar masih anak-anak. Unta yang ditawarkan beliau sebenarnya adalah unta dewasa yang berbadan besar dan tentu saja mampu membawa beban berat.

Namun seperti yang diutarakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, unta dewasa tetap saja merupakan anak unta karena ia dilahirkan dari seekor betina yang juga adalah unta. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here