Calonkan Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM, Menlu RI Minta Dukungan Azerbaijan

441
Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elmar Mammadyarov (Foto: azernews)

Jenewa, Muslim Obsession – Di sela-sela Sesi ke-40 Sidang Dewan HAM PBB di Markas PBB, Jenewa, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elmar Mammadyarov.

Pertemuan itu dilakukan dalam rangka memperoleh dukungan pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan periode 2020-2022.

Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas hubungan kerja sama antara Indonesia-Azerbaijan dan menyatakan kepuasan mereka atas tingkat hubungan politik saat ini.

Selanjutnya, para pihak membahas masalah kerja sama dalam organisasi internasional, khususnya PBB. Pada pertemuan tersebut, kedua pihak juga bertukar pandangan tentang masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama.

Pada kesempatan yang sama, Menlu juga menyampaikan pernyataan Indonesia sekaligus meluncurkan pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan HAM periode 2020-2022.

“Indonesia adalah mitra terpercaya bagi demokrasi, pembangunan, dan keadilan sosial,” tegasnya, Selasa (26/2/2019) waktu setempat.

Dalam pernyataannya, Menlu RI menyampaikan bahwa situasi HAM dunia saat ini menghadapi tantangan besar. Berbagai konflik dan instabilitas telah meningkatkan pelanggaran HAM.

Menlu RI menekankan bahwa kepentingan politik sesaat di berbagai pelosok dunia, telah mengurangi nilai-nilai toleransi, rasa hormat, dan inklusivitas di masyarakat, yang merupakan nilai-nilai penting HAM.

Secara khusus, Menlu RI menegaskan bahwa penghormatan terhadap hak dan kebebasan dasar bagi rakyat Palestina juga masih belum didapatkan.

“Di Palestina, kebebasan dan HAM dasar rakyat belum dipenuhi, oleh karena itu Indonesia tidak akan pernah berhenti memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” urai Menlu Retno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here