Calon Kuat Kapolri Baru, Berikut ini Profil dan Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo

165
Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis dan Kabareskrim Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. (Foto: tiras)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azsis yang segera pensiun di akhir Januari 2021 ini.

Nama Komjen Sigit telah diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan menunggu proses fit and proper test.

Komjen Sigit yang saat ini menjabat Kabareskrim dikenal luas sebagai sosok low profile dan menorehkan banyak berprestasi. Tak heran jika lulusan Akpol tahun 1991 ini memiliki karier cemerlang di Kepolisian RI.

Lelaki kelahiran Ambon, 5 Mei 1969 ini sempat menjabat Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi (Kapuskodalops) di Polres Tangerang, pada 1998. Sigit kemudian diberikan tugas sebagai Kapolsek Metro Duren Sawit pada 2001.

Di tahun 2009, Sigit yang dipercaya menjadi Kepala Kepolisian Resor Pati kemudian mendapat penempatan tugas beberapa kali, di antaranya sebagai Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010), Wakapoltabes Semarang, dan menjadi Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta pada 2011.

Baca juga: Usamah Hisyam: Komjen Sigit Sebagai Calon Tunggal Kapolri, Harapan Baru

Berikutnya, Sigit mendapat tugas sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012) dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013. Setahun kemudian, Presiden Jokowi mengangkatnya sebagai Ajudan Presiden RI.

Dua tahun berselang, Sigit yang merupakan lulusan S-2 di Universitas Indonesia mendapat tugas sebagai Kepala Kepolisian Daerah Banten (2016), lalu Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018), dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019).

Rekam Jejak Komjen Sigit

Prestasi ciamik segera ditorehkan Komjen Sigit, tak lama setelah ia menjabat Kabareskrim. Ketika baru 12 hari menjabat, Komjen Sigit langsung bisa mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan.

Selama menjadi Kabareskrim, Komjen Sigit tak hanya mengungkap banyak kasus. Ia juga diketahui melakukan pembenahan di lingkup internal dan mengawal kebijakan pemerintah dengan membentuk beberapa Satuan Tugas (Satgas), di antaranya Satgas Pangan, Satgas Migas, dan Satgas Kawal Investasi.

Selain mengungkap kasus Novel Baswedan, apa saja kasus besar yang diungkap Bareskrim Polri selama dipimpin Komjen Sigit? Berikut ini daftarnya berdasarkan catatan Divisi Humas Polri:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here