Buya Yahya: Kalau Ustadz Jangan Ngomong Kotor Dong!

400
Buya Yahya.

Jakarta, Muslim Obsession – Pendakwah Buya Yahya dalam sebuah ceramahnya pernah mengingatkan bahwa seorang ulama, ustadz atau guru hendaknya bisa memberikan contoh yang baik. Tidak berkata kotor, apalagi di depan murid atau jamaahnya.

“Guru harusnya ngajarin yang baik dong. Jangan sampai ngomong yang kotor,” tutur Buya dalam sebuah ceramahnya yang ditayangkan di kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 2018 silam.

Buya Yahya awalnya menerangkan perihal manusia yang tak pernah luput dari dosa, kecuali Nabi Muhammad Saw. Oleh sebab itu, tidak ada larangan untuk menegur ustadz apabila memang dia mengucapkan kata-kata kasar.

Kendati begitu, Buya Yahya mengingatkan agar para ustadz yang juga termasuk dalam kelonpok pengajar untuk terus bertutur kata yang baik, khususnya di hadapan para murid. Karena guru akan menjadi contoh muridnya.

“Bukan kah masih ingat dulu itu guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Apa jadinya kalau gurunya tidak memberikan kalimat yang santun, kalimat yang baik,” tuturnya menyertakan sebuah peribahasa.

“Jangan sampai anak-anak kita malah belajar kotor dari ustadz. Misalnya, ada seorang Ibu ngomong kemarin anak saya gak bisa ngomong gitu [ngomong kasar], gara-gara datang ke pengajian bikin pintar misuh-misuhnya,” imbuh Buya Yahya.

Akan tetapi, murid pun seharusnya bisa menyaring setiap omongan ustadznya. “Kalau kita jadi murid, ambil yang baik dari orang yang selama ini kita anggap guru. Yang jelek-jelek jangan diambil,” tandas Buya Yahya. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here