Buya Syafii Maarif Alami Kencing Berdarah, Gejala Apa?

386
Buya Syafii Maarif

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar menurunnya kondisi mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif tersiar beberapa hari terakhir ini. Pria kelahiran tahun 1935 tersebut mengalami kencing berdarah hingga harus beristirahat total di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, sejak Rabu (24/7) kemarin.

Dilansir kompas.com, menurut asisten pribadinya, Erik Tauvani, beliau memang memiliki penyakit kronis diabetes. Namun, belum diketahui secara pasti apakah kencing berdarah yang dialami oleh Buya disebabkan oleh hal itu.

Dalam dunia medis, kencing berdarah – seperti yang dialami Buya Syafii Maarif – juga disebut dengan istilah hematuria. Gangguan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali jika darah yang keluar berupa gumpalan. Sebab, hal itu dapat menyumbat saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit.

Meski ketika Anda buang air kecil (BAK), tidak terasa sakit, tetapi biasanya, hematuria ini disertai oleh gejala lain. Beberapa tanda yang biasa muncul antara lain munculnya nyeri perut bagian bawah, sering buang air kecil dengan frekuensi yang tidak wajar, atau justru kesulitan untuk kencing.

Selain masalah ginjal dan saluran kemih, adanya pembesaran kelenjar prostat juga bisa menyebabkan kencing berdarah. Bahkan, kelainan darah seperti anemia sel sabit dan hemofilia (darah susah beku), serta pengonsumsian obat pengencer darah seperti aspirin, warfarin, atau heparin juga berpotensi menyebabkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here