Bupati Banyuwangi Pimpin APKASI

352
Serah Terima Pataka Apkasi dan Buku Laporan Kegiatan 2016-2019 antara Abdullah Azwar Anas (kiri) dan Mardani H. Maming (kanan) sebagai simbolis pergantian tampuk pimpinan Ketua Umum Apkasi. (Foto: Dok Apkasi)

Jakarta, Muslim Obsession – Abdullah Azwar Anas terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) hingga 2020. Bupati Banyuwangi tersebut menggantikan Mardani H. Maming yang mundur dari jabatan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Terpilihnya Abdullah Azwar Anas berdasarkan hasil keputusan Rapat Dewan Pengurus APKASI yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Rapat tersebut dilaksanakan dengan agenda utama melakukan pergantian antar waktu untuk jabatan ketua umum.

Dengan demikian, Azwar akan bertugas menyiapkan Musyawarah Nasional APKASI. Hal tersebut dilakukan untuk memilih pengurus baru periode 5 tahun ke depan.

Bismillahirrahmanirrahim saya siap mengemban amanah sebagai Ketua Umum APKASI yang baru,” ujar Azwar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7/2019).

Dengan terpilihnya sebagai Ketum Mewakili rekan-rekan pengurus APKASI, Azwar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mantan Ketum APKASI Mardani H. Maming atas kontribusinya selama ini yang membawa APKASI menjadi organisasi besar hingga seperti sekarang ini.

Azwar bertekad akan melanjutkan terobosan-terobosan yang telah diinisiasi oleh kepengurusan Mardani, yakni ingin menghadirkan terobosan digital, membangun sistem yang lebih cepat dan efisien agar APKASI semakin lincah.

“Bisa menyerap aspirasi daerah dan responsif berkoordinasi dengan kepentingan pemerintah pusat agar jalannya pembangunan di daerah sinkron dengan rencana pembangunan nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Mardani mengatakan, dirinya merasa terhormat telah dipercaya menakhodai APKASI. “Tak terasa saya telah menjadi Ketua Umum selama 4 tahun dengan segala dinamikanya,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menghantarkan permohonan maafnya jika selama ini ada tutur kata yang salah dan tindak tanduk yang menyakiti selama memimpin APKASI.

Dia merasa memiliki pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, yakni memperjuangkan kesejahteraan rekan-rekan sesama Bupati yang selama 10 tahun terakhir tidak ada kenaikan.

“Saya berharap Ketua Umum yang baru bisa meneruskan aspirasi ini,” imbuhnya.

Mardani sendiri tidak lantas pergi begitu saja dari APKASI, karena ia kini didapuk menjadi Ketua Dewan Pembina APKASI dan ia pun menyanggupinya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here