Bupati Aceh Harap Madrasah dan Perguruan Tinggi Islam jadi Negeri

158

Aceh, Muslim Obsession – Bupati Aceh Singkil Dulmusrid berharap kepada Menteri Agama saat peresmian Program Percontohan Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag di Desa Situbuh-Tubuh, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Minggu (22/12/2019).

Ia meminta Kemenag  dapat menaruh perhatian terhadap pengembangan sumberdaya manusia lewat lembaga pendidikan tinggi Islam.

“Di Aceh Singkil ini ada Sekolah Tinggi Agama  Islam yang diberi nama STAI Syekh Abdur Rauf atau STAISAR. Lembaga pendidikan ini merupakan yang pertama dan tertua di Aceh Singkil,” kata bupati seperti dikutip dari Kemenag, Senin (23/12/2019).

“Kami sangat berharap status STAISAR ini dapat ditingatkan menjadi negeri, tentunya dengan dukungan Bapak Menteri,” sambung Dulmusrid.

Selain peningkatan status STAISAR, Bupati juga berharap Kemenag dapat membangun Mesjid di Kabupaten Aceh Singkil, penegerian MI, Madrasah Tsanawiyah  dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Aceh Singkil.

“Dari 25 madrasah hanya tiga yang berstatus negeri yakni MAN 1 Aceh Singkil. MTsN 1 Singkil dan MIN 1 Aceh Singkil. Sisanya masih berstatus swasta. Kami juga berharap di Kabupaten Aceh Singkil ini ada Ma’had Aly,” ujarnya.

Bupati Aceh Singkil menambahkan ada permintaan khusus dari pemkab dan mengharapkan bantuan Menag Fachrul Razi agar dapat disampaikan kepada Menko Kemaritiman bahwa landasan pacu di Bandara Syekh Hamzah Fansuri, Aceh Singki sudah layak untuk ditambah.

“Semoga harapan kami ini dapat terwujud bersama Bapak Menteri Agama. Sekali lagi  sampaikan, Pemkab Aceh Singkil sangat mendukung Program Percontohan Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag,” ujar Bupati.

Ia menilai karena program tersebut sangat berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat di Kabuoaten Aceh Singkil.

Sementara itu, Menag Fachrul Razi dalam kesempatan tersebut menyampaikan akan menampung semua aspirasi dari masyarakat Aceh Singkil.

“Insya Allah kami akan berbuat yang sebaik-baiknya untuk Kabupaten Singkil,” pungkas Menag. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here