Bunda, Jangan Larang Anak Main Tanah, Ini Manfaatnya!

169

Muslim Obsession – Ingin tahu bagaimana cara memperkuat sistem kekebalan anak Anda menjelang musim dingin dan flu?

Jawabannya mungkin sesederhana membiarkan mereka bermain di tanah. Sebuah studi baru menemukan bahwa anak-anak di penitipan anak mengembangkan mikrobioma yang lebih beragam dan memiliki lebih sedikit sistem kekebalan inflamasi ketika alam dibawa ke taman bermain mereka.

Meskipun manfaat kesehatan jangka panjang dari beralih ke lingkungan bermain alami masih terlihat, temuan awal ini menunjukkan bahwa mengubah lingkungan anak-anak bisa menjadi cara yang relatif sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan mereka.

Mereka juga membangun penelitian sebelumnya yang telah menemukan manfaat kesehatan lain dari bermain di luar.

Manfaat bermain di tanah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 14 Oktober di jurnal Science Advances, dilansir Healthline, Jumat (6/11/2020) para peneliti dari Finlandia mulai menguji bagaimana menambahkan elemen alami ke taman bermain dapat memengaruhi sistem kekebalan dan mikrobioma anak-anak.

Mereka mempelajari 75 anak-anak di 10 pusat penitipan anak di dua kota di Finlandia. Mereka memiliki enam fasilitas kendali: Setengahnya adalah penitipan siang hari yang berorientasi pada alam, dan setengah lainnya adalah penitipan siang hari standar perkotaan.

Empat sisa hari “intervensi”, yang awalnya memiliki sedikit atau tanpa unsur alam, menerima perubahan warna hijau untuk penelitian tersebut.

Para peneliti menutupi bagian dari lapangan bermain kerikil dengan lantai hutan dan tanah, bersama dengan pekebun untuk menanam semusim dan blok gambut yang bisa digali dan dipanjat oleh anak-anak.

Anak-anak menghabiskan rata-rata 90 menit di luar di penitipan mereka setiap hari selama studi 28 hari, setelah itu peneliti mengusap kulit mereka dan menguji darah mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari penitipan anak mengalami rasio yang lebih tinggi dari protein sistem kekebalan anti-inflamasi terhadap protein pro-inflamasi, yang menyerupai apa yang ditemukan pada anak-anak di penitipan anak yang berorientasi pada alam, bersama dengan keanekaragaman mikroorganisme yang lebih tinggi di kulit mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here